Indonesia taklukan Laos 3-0

id u23

Indonesia taklukan Laos 3-0

Pesepak bola Indonesia Stefano Lilipaly (dua kanan) dan Irfan Jaya (kiri) gagal memanfaatkan peluang didepan gawang tim sepak bola Laos pada laga penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat, Jumat (17/8/2018). (INASGOC/Carlie)

Bekasi,  (Antaranews Sulteng)  -  Tuan rumah Indonesia memetik angka penuh setelah menaklukkan Laos 3-0  pada pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Dengan kemenangan itu, Indonesia sementara mengemas enam angka, setelah sebelumnya mengalahkan Chinese Taipei 4-0 , tapi pada pertandingan berikutnya harus menyerah kepada Palestina 1-2.

Ketika pertandingan baru berjalan dua menit, Indonesia langsung mendapat peluang melalui Stefano Lilipaly, tapi sundulan pemain naturalisasi Belanda itu tepat kea rah kiper Laos  Paseuth Saymanolinh.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-13, melalui gol  Alberto Goncalves, pemain naturalisasi asal Brazil yang berhasil memanfaatkan umpan silang dari Saddil Ramdani yang melakukan serangan dari sisi kanan lapangan.

Pada masa 'injury time', Alberto yang akrab disapa Beto hampir mencetak gol kedua, tapi tendangannya di dalam kotak penalti masih  melenceng dari target, meski kiper kiper Saymanolinh sudah mati langkah.

Beto akhirnya mencetak gol indah ketika pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, yang diawali  serangan dari sisi kanan kotak penalti.

Stefano Lilipaly yang sedang menguasai bola di sisi kanan kotak penalti, dengan jeli memberikan umpan kepada Beto lepas dari kawalan pemain belakang lawan dan langsung melancarkan tendangan keras melalui kaki kiri. Bola pun meluncur deras tidak mampu dihadang kiper Saymonalinh.

Dominasi Indonesia semakin sulit dibendung setelah  Ricky Fajrin memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 3-0 pada menit ke-75 hasil kerjasama dengan kapten Hansamu Yama yang memberikan umpan tarik ke mulut gawang, membuat kiper Syamonalinh kembali tidak mampu berbuat banyak.

Skor 3-0  untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai wasit Zaid Thamer dari Irak   meniup peluit panjang pertanda pertandingan berakhir 
Secara keseluruhan, Indonesia tampil lebih dominan menghadapi Laos yang belum pernah dari tiga pertandingan sebelumnya. Pada pertandingan di stadion berkapasitas 30.000 penonton itu, Indonesia unggul dengan penguasaan bola 64 persen.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Palestina memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah pada laga terakhirnya bermain imbang 1-1 melawan Hong Kong.

Palestina, negara yang masih belum lepas dari konflik tersebut , mengumpulkan delapan angka dari dua kali menang dan dua kali imbang.

Pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A, tuan rumah Indonesia akan ditantang Hong Kong pada Senin (20/8) mendatang.

Meski tidak menemui banyak kesulitan untuk mengalahkan Laos, peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar cukup berat karena harus menang pada pertandingan terakhir menghadapi Hong Kong pada 20 Agustus mendatang.

Hong Kong  untuk sementara bercokol di peringkat kedua klasemen dengan mengumpulkan nilai tujuh setelah bermain imbang 1-1 dengan Palestina dan tidak pernah kalah dari tiga pertandingan sebelumnya.

Berikut klasemen sementara Grup A setelah pertandingan Jumat (main, menang, imbang, kalah,  memasukkan,kemasukan, selisih gol, nilai):

1. Palestina      4       2      2      0      5      3      2       8
2. Hong Kong      3       2      1      0      8      2      6       7
3. Indonesia      3       2      0      1      8      2      6       6
4. Chinese Taipei 3       0      1      2      0      8      -8      1
5.  Laos