Reuni faperta untad siapkan program "career days"

id reuni,faperta,universitas,tadulako

Reuni faperta untad siapkan program "career days"

Trie Iriyani Lamakampali (Anas Masa)

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan yang luas untuk sarjana bertemu pemberi kerja secara regular
Palu, (Antaranews Sulteng) - Reuni akbar dan temu alumni Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tadulako (Untad) tahun 2018, berlangsung di Kampus Untad, 24-25 Agustus 2018, di Jalan Sukarno Hatta, Kota Palu, menyiapkan salah satu program "Career Days".

Ketua Panitia Pelaksana Trie Iriany Lamakampali di Palu, Senin, mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan pada Jumat 24 Agustus 2018, di antaranya pembukaan kegiatan yang dijadwalkan dibuka oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Kemudian "Career Days", dimana kegiatan yang didesaian untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang dunia kerja dan orientasi masa depan, bagi para calon sarjana bahkan para sarjana.

"Kegiatan ini juga memberikan kesempatan yang luas untuk sarjana bertemu pemberi kerja secara regular, dan difasilitasi pada kegiatan reuni Akbar Faperta Untad tahun 2018 ini," jelas Trie.

Dalam kegiatan "Career Days", sejumlah topik akan dibahas diantaranya sistem pendidikan pertanian mendukung sumberdaya manusia pertanian, biogeoekonomi digital, peran jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan di era global dalam hal upaya membentuk pribadi mandiri dan profesional.

Kemudian mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja serta kiat-kiat bekerja di perusahaan perkebunan nasional.

Selanjutnya kata Tri, pada Sabtu, 25 Agustus 2018, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya, jalan santai dan senam bersama, penanaman pohon penghijauan secara simbolis oleh Rektor Untad, Dekan Fakultas Pertania, Dekan Fakultas Kehutanan, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, ketua Ikatan Alumni Untad dan seluruh peserta reuni Akbar.

"Kegiatan ini ditutup pada Sabtu malam, dengan rangkaian penyerahan bantuan beasiswa, buku biodata alumni, bantuan fasilitas olahraga (lapangan futsal Faperta Untad) serta bantuan alat produksi pertanian (Alsintan)," jelas Kadis Tanaman Pangan dan Hortukultura Sulteng tersebut.?

Akhirnya Tri juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Rektor Untad Muhammad Basir dan Dekan Faperta Untad Zainuddin Basri, atas bantuan untuk kesusksesan kegiatan Reuni Akbar tersebut.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Panitia Career Days, Rois mengatakan beberapa narasumber yang akan menyampaikan materi pada kegiatan itu di antaranya Yanuar Nugroho (Deputi II Staf Kepresidenan), Syarifah Iin Aisyah (Direktur Inovasi dan Kewirausahaan IPB), Zainudin Basri (Dekan Faperta Untad), Urbanus M. Nangoy (PT Karyamas Adinusantara), Agus Lamarauna (PT Sampoerna Group) dan Career Centre (Ghent University).

Sementara itu, Dekan Faperta Untad, Prof Zainuddin Basri, mengatakan spirit reuni tahun 2018 ini, yakni memangil kembali mereka para alumni yang lahir dari rahim fakultas pertanian sejak angkatan 1981 hingga angkatan 2014.

Zainuddin yang juga alumni Faperta Untad itu menyatakan mereka yang memastikan diri datang pada reuni tersebut, merupakan orang-orang yang sangat menghargai almamater, dan mengangap sebagai bagian dari hidup mereka, karena telah memberikan banyak ilmu untuk kehidupan mereka saat ini.

Kata dia, reuni diartikan untuk bersatu kembali atau jumpa kembali. Dimana kita pernah bertemu dan pernah bersatu, dan dengan waktu dan kondisi itu kita harus berpisah.

"Kerinduan disebabkan karena lamanya berpisah dan almamater memanggil. Tentunya bagi mereka yang merupakan teman seperjuangan atau merasa satu nasib dan pernah hidup bersama serta pernah dibesarkan di Faperta Untad," jelas Zainuddin.