KONI Sulteng puas prestasi atlet Asian Games

id koni

KONI Sulteng puas prestasi atlet Asian Games

KONI (antaranews)

Keduanya bersama tim `Merah Putih` menyumbangkan medali di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang itu
Palu, (Antaranews Sulteng) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan puas atas prestasi yang diukir para atlet daerahnya yang berlaga di Asian Games 2018.

Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele di Palu, Selasa, mengatakan dua atlet terbaik Sulteng yang membanggakan nama daerah dan tuan rumah Indonesia di Asian Games yakni Rio Rizki Darmawan dari cabang dayung putra dan Akiko cabang sepak takraw putri.

"Keduanya bersama tim `Merah Putih` menyumbangkan medali di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang itu," kata dia.

Pedayung handal Sulteng Rio bersama tim rowieng putra secara fantastis meraih medali emas menambah pundi-pundi medali bagi Indonesia.

Sementara atlet sepak takraw putri Sulteng, Akiko juga mencatat prestasi bersama tim tuan rumah meski hanya merebut medali perunggu pada ajang olahraga terbesar di Kawasan Asia tersebut.

Anwar mengatakan selaku pengurus KONI Sulteng, tentu merasa bangga sekaligus memberikan apresiasi kepada semua atlet, termasuk dari Sulteng yang mendapat kepercayaan tampil di pesta olahraga Asia.

Sebenarnya, kata dia, ada tiga atlet yang ikut berlaga di Asian Games kali ini, tetapi satu atlet dari cabang taekwondo gagal mengukir prestasi.

"Tapi bagaimanapun mereka sudah berusaha berjuang.Hanya saja masih belum meraih prestasi terbaik," katanya.

Baik Rio maupun Akiko, keduanya atlet Sulteng yang dipersiapkan menghadapi PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua 2020.

Sulteng di PON XX, mengandalkan sejumlah cabang olahraga yang selama ini memiliki catatan prestasi cukup bagus di tingkat nasional dalam beberapa tahun terakhir ini.

Cabang-cabang tersebut antara lain, tinju, binaraga, karate, pencak silat, sepak takraw, dayung, taekwondo dan lainnya.

Anwar menambahkan dalam waktu dekat, Sulteng akan menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong pada November 2018.

Porprov merupakan ajang untuk mengukur kemampuan para atlet asal kabupaten dan kota, sekaligus juga akan dijaring untuk dipersiapkan mengikuti berbagai kejuaraan nasional dan prakualifiukasi PON XX. 

Baca juga: Asian Games - pedayung Sulteng pulang kampung ketemu orangtua