U-16 India kapok bertanding melawan Indonesia

id timnas indonesia,u-16

U-16 India kapok bertanding melawan Indonesia

Arsip Foto, Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia U-16 pada laga semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (9/8). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/kye/18)

Indonesia tim yang luar biasa. Pemain-pemainnya sangat cepat dan sangat sulit dihentikan. Saya tidak mau bertemu Indonesia lagi di turnamen ini

Kuala Lumpur,  (Antaranews Sulteng) - Tim nasional U-16 India merasa kapok bertanding melawan Indonesia yang mereka hadapi di laga terakhir Grup C Piala U-16 Asia 2018, Kamis (27/9).

Pelatih India Bibiano Fernandes menyebut, timnya sangat kesulitan menahan kecepatan para pemain Indonesia. Itulah yang menjadi alasan dia merasa puas dengan hasil 0-0 dari pertemuan tersebut.

"Indonesia tim yang luar biasa. Pemain-pemainnya sangat cepat dan sangat sulit dihentikan. Saya tidak mau bertemu Indonesia lagi di turnamen ini," ujar Bibiano usai menghadapi Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9).

Hasil imbang 0-0 di partai pamungkas membuat Indonesia dan India lolos ke perempatfinal Piala U-16 Asia 2018. 

Artinya, kalau berhasil memenangkan pertandingan-pertandingan tersisa, India dan Indonesia bisa saja bertemu di final. Inilah yang dihindari oleh Bibiano.

"Kami memang berhasil melakukan yang terbaik untuk menahan gempuran Indonesia di laga tadu, termasuk dengan tekanan ketat ke pemain-pemain mereka. Namun, Indonesia bermain sangat baik. Kondisi fisik pemain Indonesia juga sangat fit," tutur dia.

Adapun pemain Indonesia yang menurutnya paling merepotkan adalah Mochammad Supriadi yang beroperasi di sayap kiri Indonesia atau sisi kanan India.

"Supriadi selalu menghadirkan kesulitan di sisi kanan kami. Dia sulit dihadang. Belum lagi Indonesia memiliki penyerang tajam seperti Amiruddin Bagus dan Sutan Zico," tutur Bibiano.

Menanggapi pujian tersebut, Mochammad Supriadi tertawa kecil. Menurut dia, apa yang ditampilkannya saat melawan India bukanlah permainan terbaiknya.

"Apa yang saya tunjukkan itu belum 100 persen," tutur Supriadi.

Tim nasional U-16 Indonesia dan India berhasil lolos ke perempatfinal Piala U-16 Asia usai kedua tim bermain imbang 0-0 pada laga terakhir Grup C yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9).

Hasil tersebut membuat Indonesia dipastikan menjadi juara Grup C dengan mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. 

Sementara India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Bagi India, catatan lolos dari fase grup menjadi yang pertama di Piala U-16 Asia setelah tahun 2002 atau 16 tahun silam. Ketika itu mereka mencapai babak perempatfinal sebelum tersingkir.

"Itu catatan spesial bagi kami. Terima kasih untuk semua pihak yang memberikan dukungan selama ini," tutur Bibiano.

Adapun di perempatfinal, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. India nantinya berjumpa juara Grup D juga pada Senin (1/10) di Stadion Petaling Jaya, Selangor.