PLN: Plta Poso sudah kembali suplai listrik

id plta

PLN: Plta Poso sudah kembali suplai listrik

Ilustrasi (antara)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Manajer PT PLN (Persero) Area Palu Abbas Saleh mengatakan PLTA Poso sudah kembali menyuplai daya ke sistem kelistrikan Palu, Donggala, Parigi, dan Sigi (Palapas) setelah sempat terhenti karena gangguan pada pembangkit PT Poso Energy?itu.

"Alhamdulillah, sejak Rabu (14/11) malam, secara bertahap PLTA Poso sudah bisa pasok daya ke sistem Palapas," katanya di Palu, Jumat.

Namun demikian, karena daya PLTA Poso belum maksimal tersebut, maka masih ada pemadaman bergilir di wilayah Palu dan sekitarnya.

Ia mengatakan sekarang ini listrik di Kota Palu sudah menyala sekitar 50 persen.

Pihaknya berupaya untuk secara perlahan-lahan menormalkan kembali suplai daya untuk kebutuhan rumah tangga, perkantoran, dan industri sampai PLTA kembali normal 100 persen menyuplai daya kelistrikan Palapas.

Abbas juga mengatakan sekarang ini daya yang sudah masuk ke sistem Palapas baru sekitar 90 MW dari total daya dalam kondisi normal 195 MW.

Gangguan yang terjadi di PLTA Poso, kata dia, dikarenakan masalah air.

"Ya, kita tahu bersama yang namanya PLTA sangat bergantung pada ketersediaan air," katanya.

Dalam kondisi musim kemarau saat ini, air yang selama ini menjadi sumber utama kebutuhan PLTA Poso debitnya mengalami penurunan, sehingga berpengaruh besar terhadap kinerja pembangkit.

Di sisi lain, PLN Area Palu hingga kini masih bergantung pada pihak swasta dalam penyediaan daya listrik, sebab sejumlah pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) milik PLN sudah tidak bisa lagi diandalkan karena faktor usia, sehingga kemampuan sudah menurun drastis.

Karena itu, jika terjadi gangguan pada PLTA Poso, maka dipastikan sistem kelistrikan Palapas akan mengalami defisit daya dan itu berarti ada pemadaman. 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar