Tips hindari kemacetan arus balik

id Kapolri,Arus Balik Lebaran 2019,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus

Tips hindari kemacetan arus balik

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Ari Dono Sukmanto, dan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/6/19). (Agita Tarigan)

Jakarta (ANTARA) (ANTARA) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memperkirakan arus balik Lebaran 2019 akan berlangsung pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni.

Namun, jika melihat dari pengalaman tahun-tahun lalu, mantan Kapolda Papua itu menilai sebagian besar masyarakat akan memilih pulang pada Minggu (9/6), yang merupakan hari terakhir libur bagi kebanyakan karyawan dan pekerja.

"Sehingga prediksi kami, hari Minggu itu akan menjadi puncak arus balik Lebaran," ungkap Tito di Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Penumpukan serta kemacetan tentu akan mudah ditemukan ketika banyak kendaraan roda empat maupun roda dua kembali ke wilayah Jakarta pada waktu yang sama.

Untuk itu, Kapolri Tito memberikan beberapa tips agar perjalanan pulang masyarakat terhindar dari kemacetan panjang.

1. Pulang Lebih Awal
Bagi masyarakat yang sudah lama balik ke kampung halaman, disarankan untuk menghindari puncak arus balik dan kembali ke Jakarta lebih awal. Menurut Kapolri, selain mengurangi kepadatan lalu lintas, pemudik juga kemungkinan kecil terjebak macet.

2. Pantau Media Sosial
Media sosial, kata Kapolri, dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi tentang adanya kecelakaan atau titik-titik kemacetan.

3. Aplikasi Penunjuk Jalan
Aplikasi penunjuk jalan, seperti "Google Maps", bisa membantu pemudik mencari jalur-jalur alternatif ketika wilayah yang hendak dituju sedang padat.

4. Manfaatkan Cuti
Karyawan dan pekerja yang bisa meminta cuti atau hari libur tambahan pada perusahaannya bisa pulang lebih lambat dan menghindari puncak arus mudik.