Universitas Baiturrahmah gelar USR pertama di Indonesia

id USR,unbrah,Universitas Baiturahmah Padang,University Social Responsibility (USR),Sumbar,Agam

Universitas Baiturrahmah gelar USR pertama di Indonesia

Rektor Universitas Baiturahmah Padang, Sumbar Prof Musliar Kasim, Sekda Agam Martias Wanto dan istri Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Padang, Maizarnis memukul tambua saat peresmian USR di Sungai Batang, Kecamatan Tanjungraya, Sabtu (22/2/2020). (FOTO ANTARA/Yusrizal)

Lubuk Basung, Sumbar (ANTARA) - Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat Prof Musliar Kasim menyatakan perguruan tinggi itu melaksanakan program University Social Responsibility (USR) atau tanggung jawab sosial universitas yang pertama di Indonesia.

"Kami adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia melaksanakan USR, karena belum ada perguruan tinggi lain yang melaksanakan program USR itu," katanya saat pembukaan USR di Puskesmas Maninjau, Lubuk Basung, Ibu Kota Kabupaten Agam, Sumbar, Sabtu.

Ia menjelaskan Program (USR itu dilakukan di Sungai Batang, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam selama empat hari dimulai pada 20-23 Februari 2020.

"Kami sudah melakukan USR sebelum perguruan tinggi lainnya melaksanakan ini," katanya.

Ia mengatakan, USR ini merupakan tahun keempat yang digelar oleh Universitas Baiturrahmah Padang.

Rencananya kegiatan ini bakal digelar setiap tahun di seluruh kabupaten dan kota se-Sumbar.

"Ini target kita ke depan untuk melaksanakan program ini ke seluruh kabupaten dan kota se-Sumbar," katanya.


Ia menambahkan, USR itu dalam rangka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk hidup di tengah-tegah masyarakat, karena hampir 50 persen mahasiswa berasal dari luar Sumbar.

Pada umumnya, mahasiswa itu berasal dari keluarga mampu dan saat pelaksanaan USR itu mereka tinggal di rumah penduduk.

"Mereka akan merasakan hidup dan berbaur dengan masyarakat," katanya.

Selain itu, program juga untuk memotivasi masyarakat dalam membangkitkan budaya gotong royong dan membantu masyarakat di bidang kesehatan berupa penyuluham bahaya narkotika, pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

"Kita membawa dokter spesialis beserta peralatan untuk memeriksa kesehatan, gigi, ibu hamil dan lainnya," kata Musliar Kasim.

Sementara itu, Ketua Pelaksana USR, Jeam Khairil menambahkan USR itu diikuti 600 mahasiswa, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa 30 orang, dosen 103 orang, dokter spesialis 35 orang dan laboran delapan orang.

Program yang berlangsung selama empat hari semenjak 20-23 Februari 2020 dengan kegiatan berupa penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyuluhan narkoba, penanaman bibit buah-buahan, tablik akbar, kesenian dan pemilihan rumah sehat dan lainnya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini sangat membantu masyarakat di Agam," katanya.

Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto menambahkan program ini sangat cocok dilaksanakan di Kecamatan Tanjungraya, karena daerah itu banyak melahirkan tokoh nasional seperti, Buya Hamka, Rasuna Said dan lainnya.

Danau Maninjau juga merupakan lokasi pembangki listrik di Sumbar dan memiliki ikan endemik yang sudah mulai punah.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Universitas Baiturrahmah Padang yang telah memilih Tanjungraya sebagai lokasi USR," katanya.

Ke depan, Martias berharap Universitas Baiturrahmah Padang memilih Agam untuk pelaksanaan USR, karena Agam masih memiliki daerah lain.


Kegiatan itu juga dihadiri Ketua Yayaaan Pendidikan Baiturrahmah Padang, Amran.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar