Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Haris Kariming menyatakan terjadi penambahan kasus baru positif COVID-19 di Sulteng sehingga secara kumulatif menjadi 245 orang.

"Hari ini satu orang di Kota Palu terkonfirmasi positif COVID-19 setelah hasil tes usap (swab)-nya keluar. Saat ini pasien tersebut menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura Palu," katanya di Palu, Rabu malam.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng terus bertambah, satu lagi meninggal

Dari 245 orang itu, lanjutnya, 220 orang telah sembuh, sembilan orang meninggal dunia, dan 16 orang menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

16 orang itu tersebar di sejumlah daerah antara lain dua orang di Kabupaten Banggai menjalani isolasi mandiri, satu orang di Banggai Kepulauan isolasi mandiri, tiga orang di Kota Palu isolasi masing-masing, dua orang di RSUD Anutapura, dan satu orang isolasi secara mandiri.

Berikutnya tiga orang di Kabupaten Parigi Moutong menjalani isolasi di RSUD Anuntaloko, tiga di Donggala menjalani isolasi masing-masing satu orang di Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama Desa Tambu, dan satu orang secara mandiri, serta satu orang di Tojo Unauna menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: COVID-19 di Sulteng, dua orang positif dan satu sembuh di Palu

Sementara itu 308 sampel usap  masih dalam proses pemeriksaan di Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu.

Haris berharap kasus COVID-19 di Sulteng  terus berkurang dan seluruh pasien dapat sembuh seiring dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah di tingkat provinsi hingga kabupaten untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran virus tersebut.

Ia juga mengimbau masyarakat agar mendukung tim surveilans dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," ucapnya.

Baca juga: Apindo Sulteng minta anggotanya tetap waspada penyebaran COVID-19


Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor : Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2024