Palu - PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah memberikan bantuan pot bunga dan tanaman penghijauan untuk Pemerintah Kota Palu.

Sebanyak 50 pot bunga, tanaman pucuk merah dan aliander masing-masing 500 batang diserahkan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Sulteng Budi Irawan kepada Asisten III Pemkot Palu Drs Baso, Minggu.

Khusus tanaman bunga aliander, kata Budi, untuk ditanam di sepanjang Daerah Aliran sungai (DAS) Sungai Palu.

Tanaman tersebut, sangat cocok dengan udara, struktur tanah dan iklim yang ada di Palu. "Tanaman ini cocok sekali untuk penghijauan," katanya.

Selain memberikan bantuan pot dan tanaman penghijauan kepada Pemkot Palu, BUMN itu juga telah menyalurkan bantuan bahan bangunan kepada dua gereja yang ada di Palu dan Palolo Kabupaten Sigi.

Selanjutnya bantuan sarana pendidikan salah satu sekolah PAUD di Kecamatan Marawola dan menyalurkan dana modal usaha bagi sejumlah usaha mikro kecil dan menengah.

Total bantuan yang disalurkan Jasa Raharja untuk kegiatan program bina lingkungan sebesar Rp160 juta. Sementara bantuan modal usaha yang disalurkan melalui program kemitraan mencapai Rp200 juta.

Menurut dia, semua kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dari Jasa Raharja guna membantu program pemerintah dan masyarakat di daerah ini.

Budi juga mengatakan, menjelang Lebaran 2012 ini, akan ada pasar murah sembako yang digelar oleh Jasa Raharja di Kota Palu.

Kegiatan sosial tersebut guna membantu meringankan beban masyarakat, mengingat harga berbagai barang, termasuk kebutuhan sehari-hari di pasaran rata-rata mengalami kenaikan.

Sementara Asisten III Pemkot Palu Drs Baso menyambut dan memberikan apresiasi kepada Jasa Raharja yang selama ini telah mendukung program pemerintah.

Menurut dia, apa yang telah dilakukan selama ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat bukan hanya di Palu, tetapi di Sulteng.

Pemerintah Kota Palu, kata Baso, sejak beberapa tahun terakhir ini terus berupaya untuk menjadikan Palu sebagai kota bersih,rapi, indah dan sejuk.

Salah satu program yang sementara dilaksanakan adalah penghijauan dan kebersihan. "Kita baru saja mendapat sertifikat Adipura," katanya.

Suatu saat kalau semua program dimaksud berjalan dengan baik, niscaya Palu akan dapat Piala Adipura.

Karena itu, dukungan dari semua pihak, termasuk BUMN-BUMN dan masyarakat sangat diperlukan agar apa yang menjadi program pemerintah dapat direalisasi.

Usai penyaluran bantuan, juga dilanjutkan dengan buka puasa bersama puluhan anak yatim piatu di Palu( BK03)

Pewarta : Anas Massa
Editor : Anas Masa
Copyright © ANTARA 2024