Jajaran Polres Sigi bantu bersihkan rumah warga terdampak banjir bandang

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Banjir Bandang,Desa Sambo ,Desa Balongga ,Dolo Selatan

Jajaran Polres Sigi bantu bersihkan rumah warga terdampak banjir bandang

Sejumlah polisi di Sigi membantu warga membersihkan rumah dan mengangkat barang menuju pos pengungsian. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), membantu warga di Desa Sambo dan Balongga Kecamatan Dolo Selatan untuk membersihkan rumah warga dari sisa material yakni lumpur dan kayu pasca banjir bandang di wilayah itu.
"Jadi anggota dari Polres Sigi dan Polsek Dolo melaksanakan kegiatan gotong royong membantu warga yang terdampak banjir bandang di desa Sambo dan Balongga dengan membersihkan sisa material banjir di rumah-rumah warga dan fasilitas publik lainnya," kata Kasi Humas Polres Sigi Iptu Nuim Hayat di Sigi, Kamis.
 
Dia menuturkan kegiatan gotong royong dalam membantu warga setempat untuk membersihkan rumah-rumah warga itu dipimpin Kasat Samapta Polres Sigi Iptu Budi Susanto Putra Lubis didampingi KBO Sat Samapta Ipda Ronny S. Sutoro dan Kasubsektor Dolo Ipda Saul Darmawan.
 
"Ini merupakan bentuk kepedulian polri dengan masyarakat dengan terjun langsung ke rumah warga, sekolah dan tempat ibadah untuk melakukan pembersihan material banjir yakni lumpur, batu, dan sampah yang terseret arus banjir akibat meluapnya Sungai Ombi karena tingginya intensitas curah hujan di hulu sungai," ucapnya.
 
 
Nuim menambahkan, sebanyak 30 personel Polres Sigi dibantu Polsek Dolo membantu warga membersihkan fasilitas umum yang terendam banjir.
 
"Pembersihan ini bekerja sama antara polisi, masyarakat, TNI, Pemerintah Kabupaten dan instansi terkait lainnya," ujar Kasi Humas Polres Sigi.
 
Dia mengimbau agar masyarakat di Desa Sambo dan Balongga tetap waspada adanya banjir susulan.
 
"Kepada masyarakat yang bermukim di kawasan bantaran Sungai Bangga, agar lebih meningkatkan kewaspadaan agar terhindari dari banjir yang dapat menelan korban jiwa," tutur Nuim Hayat.
 
Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, jumlah rumah terdampak banjir di Desa Sambo dan Balongga sebanyak 173 unit rumah dengan jumlah 487 jiwa dan 419 Kepala Keluarga (KK).
 
Hingga saat ini sejumlah alat berat jenis excavator terus melakukan pembersihan sisa material, yakni batu dan lumpur dari pemukiman warga setempat.*