Palu (ANTARA) - Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tengah Fitri Kennedy Mastura menyatakan Hari Pahlawan mesti menjadi momentum bagi para pemuda dan pemerintah daerah (Pemda) memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Sulteng.

Ia mengungkap, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), Sulteng menempati peringkat empat sebagai daerah dengan tingkat penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia.P

"Pemuda harus dibantu oleh pemerintah daerah memberantas penyalahgunaan dan peredaran di Sulteng lewat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif yang berguna bagi masyarakat agar perjuangan pahlawan kita tidak sia-sia memerdekakan bangsa ini untuk keluar dari kebodohan dan penjajahan termasuk penjajahan dengan narkoba," katanya di Palu, Rabu.

Lewat kegiatan-kegiatan positif tersebut, menurut Fitri, wawasan dan keterampilan yang dimiliki masyarakat dapat meningkat sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan mereka yang pada akhirnya berkontribusi terhadap upaya daerah untuk lebih maju dibanding daerah lain di Indonesia termasuk berkontribusi kepada negara dalam rangka bersaing dengan negara maju lainnya.

"Eksistensi pemuda sebagai pembaharu dan penerus untuk masa depan negara sangat penting dan perannya sangat dibutuhkan sehingga diharapkan para pemuda tidak berperilaku yang tidak produktif dan cenderung konsumtif dalam segala hal,"ujarnya.

Fitri menerangkan pemuda dan seluruh lapisan masyarakat saat ini tidak lagi berperang melawan penjajah dengan mengangkat senjata mengorbankan nyawa seperti yang dilakukan oleh para pahlawan di masa lalu.

Yang harus dilakukan oleh pemuda dan masyarakat untuk melanjutkan dan mempertahankan apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan sekarang ini yakni mensukseskan kepentingan negara untuk mengangkat eksistensi negara di kancah internasional.

"Pemuda masih menjadi jantung pembaruan nasional. Kiprah dan sumbangsih pemuda dalam memajukan semua sektor diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam membesarkan bangsa , Semangat perubahan pemuda harus tetap berjalan dan tertanam," ucapnya.

 

 


Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024