Jubir: Pihak Sandiaga Uno harap semua pihak hadirkan pemilu damai

id PPP,Sandiaga Uno,Sandi,Jubir Sandiaga Uno

Jubir: Pihak Sandiaga Uno harap semua pihak hadirkan pemilu damai

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA/Apriliansyah

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara (Jubir) Sandiaga Uno Bidang Politik Denny H. Suryo Prabowo mengatakan pihak Sandiaga Uno berharap semua pihak dapat menjalani dinamika politik menuju Pemilu 2024 dengan cara damai.

"Apa pun yang terjadi, kami berharap semua pihak bisa menjalani dinamika menuju pemilu dengan cara-cara yang damai sehingga tidak menimbulkan gesekan yang bisa berdampak pada grass root (akar rumput)," kata Denny dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.

Denny mengimbau elite politik menghindari manuver yang berpotensi berdampak pada masyarakat. Oleh karena itu, elite politik perlu belajar dari pemilu sebelumnya bahwa gesekan partai politik adalah hal yang melelahkan dan merugikan.

"Alangkah bijaksananya jika semua elite berkontribusi menghadirkan pemilu yang damai. Seperti yang disampaikan Bang Sandiaga, pesta demokrasi haruslah riang gembira. Kalaupun ada perbedaan, mari tetap menjunjung asas kekeluargaan dan persatuan," katanya.

Denny menyampaikan hal tersebut merespons perkembangan terbaru koalisi pendukung Anies Baswedan. Sandiaga Uno, kata Denny, menilai bahwa perkembangan politik tersebut merupakan dinamika dari kontestasi demokrasi.

"Bang Sandiaga Uno telah menyampaikan bahwa perkembangan yang terjadi saat ini merupakan dinamika politik dari kontestasi demokrasi," ujar Denny.

Denny juga menekankan pernyataan Sandiaga Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bahwa partainya terbuka akan kerja sama politik dengan partai politik lainnya.

"Sebagai tokoh bangsa, Bang Sandiaga ingin menggandeng sebanyak mungkin teman dengan visi dan misi yang sama untuk membawa Indonesia makin lebih baik, terutama dalam meningkatkan perekonomian rakyat," kata Denny.



Menanggapi hengkangnya Partai Demokrat dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Denny mengatakan bahwa Sandiaga Uno memiliki hubungan dekat dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Apalagi dengan Demokrat, Bang Sandiaga punya hubungan yang sangat dekat dengan Mas AHY. Bersama PKS pun Bang Sandi Uno punya sejarah yang baik dan sama-sama punya sisi keumatan seperti halnya PPP," kata dia.

Menurut Denny, Sandiaga siap bekerja sama dengan pihak mana pun yang memiliki kesamaan tujuan dalam membangun bangsa, terutama dalam bidang perekonomian.

"Bang Sandi Uno ingin perekonomian Indonesia makin maju, apalagi di tengah tantangan dunia yang penuh ketidakpastian ini. Bang Sandiaga dipercaya punya kapabilitas di bidang itu oleh banyak kalangan," ujar Denny.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menanggapi soal isu lahirnya poros baru pascapenetapan duet bakal calon presiden dari KPP Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut mengatakan bahwa tarik-menarik dukungan adalah hal yang umum terjadi dalam kontestasi demokrasi.

"Kita akan terus berhadapan dengan dinamika, tetapi kami yakin kontestasi demokrasi ini 'kan harus disambut dengan riang gembira. Sebetulnya ini sebuah perhelatan pesta demokrasi, jadi harus juga kita bersukacita menanggapi setiap perkembangan," ucap Sandiaga dikutip dari keterangan tertulis yang sama.

Sandiaga menilai dinamika politik yang terjadi akan melahirkan gagasan dan pemikiran baru. Oleh karena itu, PPP tetap terbuka dengan kerja sama politik dengan partai politik lainnya dalam konsep percepatan pembangunan bersama PDI Perjuangan yang mengusung bakal capres Ganjar Pranowo.

"Dalam membangun bangsa yang sangat besar, dengan 17.000 pulau, kita harus lebih banyak merangkul semua elemen bangsa untuk bekerja sama. Saya membuka komunikasi politik, tetapi tentunya dalam komitmen kami karena PPP itu partai yang taat asas. Kami sekarang sudah terikat dengan kerja sama politik dengan PDI Perjuangan," kata Sandi.