Maralee, Sulteng (ANTARA) - Meski usianya baru sembilan tahun saat ini, namun Kecamatan Petasia Barat (Petbar), Kabupaten Morowali Utara (Morut), ke depan akan segera menjadi kawasan strategis dan seksi (menarik) karenakecamatan termuda di Morut terus berbenah dan pemerintah kabupaten setempat terus memberikan dukungannya. 
.
Bupati Morut Delis J. Hehi saat membuka rangkaian pertandingan olahraga untuk memeriahkan HUT ke-9 Kecamatan Petasia Barat di Desa Maralee, Senin (12/9) mengatakan Pemkab Morut mengalokasikan anggaran tahun 2022 sekitar Rp40 miliar untuk mengaspal jalan darat dari Korolama-Koromatantu, Tiu-Tontowea, Tontowea-Era dan Onepute-Korowalelo.

"Ini bukan janji lagi ya, pelaksanaannya sudah dimulai sebab proses tender sudah dilaksanakan dan pemenangnya telah ditetapkan. Dulunya Petasia Barat yang agak terpencil, kini akan lebih seksi secara transportasi darat," ujar Delis yang baru saja menerima penghargaan sebagai bupati visioner dan terbaik dalam hal inovasi pemanfaatan potensi daerah, dari Kemendagri dan MNC Portal.

Bupati Morut menyebut Kecamatan Petbar sebagai kecamatan seksi karena setelah jalan-jalan itu beraspal, maka masyarakat yang akan ke Poso menggunakan kendaraan darat akan memilih lewat Tontowea ke Era karena jaraknya lebih dekat dibanding ruas saat ini lewat Kolaka dan Tomata.

Demikian juga masyarakat yang akan bepergian dari Beteleme ke Kolonodale atau sebaliknya, akan memilih lewat ruas Onepute-Korowalelo karena bisa menghemat waktu perjalanan sekitar 20 menit dibanding jalur saat ini lewat Tompira dan Korolama.

Ruas Onepute-Korowalelo ini, menurut dia, juga akan membantu memperlancar arus lalulintas pada ruas Tompira-Bunta-Korolama yang kian padat dan rawan macet sebagai dampak berkembangnya industri pengolahan nikel di daerah Bunta oleh PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI).

"Jadi ke depan, Petbar akan sangat strategis bagi lalulintas barang dan jasa dalam hubungannya dengan Kabupaten Poso dan kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara. "

Delis mengingatkan bahwa keberhasilan pembangunan di Petbar ini butuh dukungan para kepala desa, Badan Perwakilan Desa dan jajarannya untuk bahu membantu melaksanakan pembenahan di berbagai bidang. 

Usai upacara pencanangan pertandingan olahraga memeriahkan HUT ke-9 Petbar itu, digelar pertandingan eksibisi sepak bola antara kesebelasan Pemkab Morut yang dimotori Bupati Delis dan Wakil Ketua DPRD H. Muh. Safri melawan kesebelasan gabungan para kepala desa se-Petasia Barat.

Pewarta : -
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024