Morowali Utara kembali mendapatkan penghargaan dari pusat, kali ini SAKIP Award

id Morut,Bupati Morut

Morowali Utara kembali mendapatkan penghargaan dari pusat, kali ini SAKIP Award

Penghargaan untuk Morut diterima oleh Sekda Morut Musda Guntur didampingi Kepala Bappelitbangda Morut Gersom Tandi. Dalam ajang ini Morut mendapat nilai B. ANTARA/HO-MCDD

Jakarta (ANTARA) - Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, dibawah pemerintahan Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan Wakil Bupati H. Djira K, kembali mendapatkan penghargaan sebagai bukti nyata selama menjalankan pemerintahan.

Penghargaan kali ini terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan SAKIP Award tersebut diserahkan langsung oleh Menpan RB, Abdullah Azwar Anas di Grand Ballroom Birawa, Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (2/10/2024).

Penghargaan untuk Morut diterima oleh Sekda Morut Musda Guntur didampingi Kepala Bappelitbangda Morut Gersom Tandi. Dalam ajang ini Morut mendapat nilai B.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyatakan harapannya agar SAKIP Award 2024 dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara instansi pemerintah dalam menjalankan akuntabilitas kinerja yang inovatif.

"Melalui upaya refocusing program dan kegiatan berdasarkan analisis efektivitas biaya, pemerintah daerah dapat lebih tepat sasaran dalam menjawab isu-isu strategis," ujar Anas.
Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto, menambahkan SAKIP Award bukan hanya ajang penghargaan, tetapi juga platform untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antar instansi. 

"Kami berharap acara ini menjadi ruang untuk bertukar strategi dan solusi dalam implementasi SAKIP yang lebih berdampak," katanya.

Evaluasi SAKIP sendiri menjadi alat penting untuk memetakan kinerja pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

SAKIP Award 2024 menjadi momentum penting bagi Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola dan kinerja yang lebih baik.

Kepada sejumlah wartawan, Sekda Morut Musda Guntur mengatakan penghargaan ini sebuah prestasi membanggakan dan menjadi bukti nyata dari kinerja pemerintahan yang efektif dan efisien selama ini.

Dengan penghargaan ini, Pemda Morut dibawah kepemimpinan Delis-Djira selama tiga tahun enam bulan sudah menerima setidaknya 16 penghargaan dari berbagai pihak.

Penghargaan yang diterima tersebut di antaranya BKN Award kategori komitmen tinggi dalam pelayanan kepegawaian, 2023, Apresiasi Daerah Peduli Pelayanan Publik, Kompas TV, 2023.

Selanjutnya, kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi terbesar ke-2 seluruh Indonesia, 2023. Manggala Karya Kencana, 2023, penghargaan Indonesian Visioner Leader, 2023, Universal Health Civerage (UHC), 2023, serta berbagai penghargaan lainnya.