Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berupaya memperkuat ekosistem koperasi di daerah ini untuk lebih berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah.
 
"Koperasi memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian daerah," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sulteng Sisliandy Ponulele di Palu, Sabtu.
 
Oleh karena itu, kata dia, pihaknya memberikan pelatihan pengembangan usaha koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pengurus dan pengelola koperasi, khususnya koperasi yang bergerak di sektor riil dalam mengelola dan berinovasi usaha koperasi dalam sektor riil.
 
Menurut dia, pelatihan ini difokuskan pada pengembangan kapasitas pengelolaan bisnis koperasi yang bergerak di sektor riil seperti perdagangan, produksi, dan jasa.
 
Selain itu, katanya, pengurus koperasi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar saat ini untuk lebih berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah.
 
"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan koperasi di sektor riil dapat memberikan kontribusi lebih besar terhadap perekonomian daerah, sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi," ujarnya.
 
Ia melanjutkan pelatihan ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat ekosistem koperasi di Sulawesi Tengah melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas pengelolaan koperasi.
 
Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta pengurus/pengelola koperasi sektor riil koperasi yang berasal dari koperasi di Sulawesi Tengah, yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi Moutong, Tojo Una-una, Morowali dan Banggai.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024