Palu (Antaranews.com) - Widya Utara, putri seorang petani kelapa sawit yang tinggal di ekitar perkebunan PT Lestari Tani Teladan (LTT) di Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, meraih medali emas pada kejuaraan nasional karate Inkado 2017. 

Perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan dimaksudkan untuk menyaring atlet karate potensial dari seluruh wilayah Indonesia itu penuh persaingan ketat.


"Saya amat sangat senang bisa meraih medali emas di kejuaraan ini," kata Widya Utara setelah keluar sebagai juara.

Tropi kemenangan diserahkan di kantor Kementrian LHK di Jakarta, 20 Desember  2017.

Kemenangan tersebut tidak mudah diraih. Total atlet karate yang mengikuti turnamen ada 13 peserta. Mereka berasal dari Jawa Timur, Papua, Papua Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, DKI, Luwu Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. 

Widya bertarung di kategori +68 kg putri dan keluar sebagai juara.

Berkat prestasi itu, perempuan berusia 18 tahun, putri warga masyarakat yang tinggal dekat perusahaan kebun kelapa sawit grup Astra Agro ini bertekad untuk semakin mendalami ilmu beladiri karate.

PT Lestari Tani Teladan dan anak-anak perusahaan grup Astra Agro Lestari memang sejak lama memiliki komitmen  dan kepedulian dalam melakukan pembinaan dan pengembangan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan, termasuk dalam bidang olahraga.
    
Pembinaan karate anak usaha Astra Agro di area Sulawesi dilakukan sejak Maret 2015. 

Menurut Muhammad Ilham, penanggung jawab sekaligus pelatih karate di area LTT ini, kegiatan tersebut merupakan perluasan dari kegiatan yang ada sebelumnya.  Semula pelatihan ditujukan kepada tim security, namun agar lebih banyak  masyarakat yang menerima manfaat kehadiran perusahaan Astra Agro,
 pelatihan ditujukan juga kepada masyarakat di sekitar perkebunan beserta anak-anaknya.

Widya Utara mrupakan salah satu anak binaan LTT yang berbakat dan tekun mengikuti pelatihan hingga mencapai prestasi nasional seperti saat ini. (Humas PT.AAL)



Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024