Palu (ANTARA) - Satreskrim Polres Palu, Sulawesi Tengah, meringkus oknum yang diduga sebagai pelaku pencuri spesialis barang di bawah jok motor.

“Tersangka yang kita amankan ini spesialis pencuri barang di bawah sadel atau bawah jok motor berinisial HL (44), sudah melakukan aksinya sebanyak 14 TKP di wilayah Kota Palu, ditangkap dua hari lalu,” kata Kapolres Palu AKBP Mujianto, S.IK, melalui KBO Reskrim Ipda Rislan, dalam jumpa pers di depan kantor Reskrim Polres Palu, Jumat.

Rislan katakan, ke 14 TKP tempat pelaku melakukan aksinya itu tidak dilakukan di satu tempat, melainkan dari beberapa tempat di wilayah kota Palu.

“Modus pelaku melakukan aksinya, pelaku membuntuti atau memantau korbannya, dimana ada kesempatan dia beraksi dan yang sering menjadi korban aksi kejahatan pelaku adalah perempuan,” katanya.

Baca juga : Polres Palu amankan terduga pencuri di Masjid

Rislan paparkan, pelaku paling sering melakukan aksinya di salah satu kampus di kota Palu, terhadap motor yang terparkir yang ditinggal pemiliknya dan pelaku mengetahui ada barangnya di bawah sadel motor tersebut.

Dari tangan pelaku polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit HP, satu buah dompet yang berisi kartu ATM, SIM, STNK, satu pasang anting-anting atau giwang dan satu buah cincin senilai kurang lebih Rp.17 juta.

Kepada wartawan, HL mengaku terpaksa melakukan aksi kejahatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup dua istri dan lima orang anaknya, karena dari hasil pekerjaan sebagai buruh harian tidak mencukupi.

Saat ini, HL bersama barang bukti hasil kejahatan diamankan di Polres Palu untuk proses hukum selanjutnya.***

Pewarta : Sulapto Sali
Editor : Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2024