Palu (ANTARA) - Aparat keamanan gabungan TNI-Polri mengawal ketat kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Aparat keamanan bersenjata lengkap ditempatkan di sejumlah titik jalan yang akan dilalui Presiden dan rombongan.

Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden dan rombongan mendarat di Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu sekitar pukul 11.50 Wita, disambut Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Presiden dijadwalkan mengunjungi lokasi pembangunan hunian tetap korban bencana alam Pasigala di Kelurahan Duyu dan Tondo, Kota Palu.

Setelah makan siang, Presiden yang tiba di Palu dari Ambon, Maluku itu, akan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

Sebelumnya, ratusan personel TNI-Polri menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan di Sulawesi Tengah.

Apel dilaksanakan di Lapangan Apel Makorem 132/Tadulako, di Palu, Senin, dipimpin Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, selaku Komandan Satgas Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia ke wilayah Sulawesi Tengah.

Agus Sasmita saat membaca amanat Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang selaku Dansatgas Pamwil, mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan, baik perorangan maupun hubungan satuan.

"Serta langkah dan tindakan sesuai Protap Pengamanan VVIP yang berlaku dan meyakinkan bahwa Satgaspam VVIP siap bertugas, untuk memastikan bahwa kita semua mampu menjamin keamanan dan keselamatan Bapak Presiden RI beserta Ibu Negara dan rombongan selama berada di sini," katanya.

Pewarta : Sulapto Sali
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024