Wabup Poso ajak masyarakat sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

id poso-sp

Wabup Poso ajak masyarakat sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si (kelima kanan) pada acara Rakorda Monev pelaksanaan Sensus Penduduk secara online, di Hotel Ancyra, Senin (2/3). (Foto:Humas Pemkab Poso).

Poso (ANTARA) - Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam rangka monitoring dan evaluasi yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Poso bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) secara online tahun 2020, yang berlangsung di Hotel Ancyra, Senin (2/3).

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Rakorda ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.



Ia mengatakan SP online merupakan metode baru BPS dalam mencatat penduduk Indonesia yang sekaligus mengedukasi penduduk untuk memasuki era 4.0 (four zero) sebagai era digitalisasi layanan pemerintah di berbagai bidang kehidupan.



Samsuri mengajak masyarakat untuk mengakses layanan kependudukan berbasis online melalui www.sensus.bps.go.id dengan cara mengisi data sesuai petunjuk yang ada, jika masih kurang memahami, masyarakat akan mendapatkan pendampingan dari pegawai BPS Kabupaten Poso bersama jajaran OPD hingga masyarakat luas yang telah mengisi format digital itu agar dapat mengajarkan kembali cara pengisian kepada para tetangganya.



Wakil Bupati Poso mengharapkan kerja keras semua pihak terutama para pimpinan OPD yang terus mengevaluasi pengisian SP online di kantornya, begitu pula para camat, kades/lurah agar terus melakukan monitoring dan evaluasi dengan pihak BPS sebagai leading sektor kegiatan ini.



Acara Rakorda ini dihadiri para kepala OPD dan peserta yang terkait,serta pemateri dari Kepala Badan Pusat Statistik Ir. Yaslin H Tansala, M.Si dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Poso Sofia Purayou, M.Ap. (SHE)