Situs Pengembang "Software" Apple Diretas

id retas komputer

Situs Pengembang "Software" Apple Diretas

Ilustrasi(ist)

New York (antarasulteng.com) - Raksasa komputer dan software, Apple, Senin WIB, menyatakan laman pengembang software-nya telah offline setelah diretas. Apple memperingatkan bahwa informasi pribadi mengenai para penggunanya mungkin telah dicuri.

"Kamis lalu, seorang penyusup berusaha membobol informasi pribadi dari pengembang tercatat kami dari laman pengembang kami," kata Apple seperti dikutip AFP.

Kendati informasi sensitif telah dienkripsi, "kami tidak bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa beberapa nama, alamat surat dan atau alamat email milik pengembang mungkin telah diakses."

Raksasa teknologi informasi ini mengatakan dalam pernyataan bertajuk "Kami akan segera kembali" bahwa para peretas telah meretas dengan alasan "demi semangat transparansi."

Para pejabat perusahaan segera memblokir situs ini Kamis waktu AS lalu dan sejak itu bekerja untuk memperbaikinya.

"Untuk mencegah ancaman keamanan semacam ini terjadi lagi, kami akan sepenuhnya memeriksa sistem pengembang kami, memperbarui softwareserver kami, dan membangun kembali kesuluruhan database kami," kata Apple, meminta maaf dan berharap situs pengembang itu segera pulih kembali.

Situs ini adalah portal untuk para penciptasoftware pihak ketiga yang merancang aplikasi-aplikasi untuk iPhone, iPad dan komputer Mac, selain menjadi forum untuk para pengembangsoftware.

Menurut Macworld, selama berhari-hari banyak pengembang telah memposting pesan bernada frustasi dan kemarahan di Twitter mengenai bobolnya situs itu.(SKD)