Benteng Keraton Buton akan Dibungkus Tenun

id keraton, buton, tenun

Benteng Keraton Buton akan Dibungkus Tenun

Sejumlah pengunjung berada di sala satu sudut benteng Kraton Buton di Baubau, Sulawesi tenggara pada 2011. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Bau-Bau (antarasulteng.com) - Benteng Keraton Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara, akan dibungkus dengan kain tenun khas Buton dalam satu perhelatan bulan Desember mendatang.

"Kita sudah ada rencana kunjungan kembali di bulan Desember dengan suatu perhelatan untuk membungkus seluruh tembok (benteng) keraton itu dengan tenunan Buton," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Bau-Bau, Rabu.

"Ini sebagai cara kita membuat acara dan mengangkat ekonomi kreatif dan pariwisata," tambah dia.

Tembok benteng seluas 3.000 meter persegi di Kota Bau-Bau itu akan diselimuti dengan kain tenun buatan sekitar 6.000 penenun.

Selama perhelatan pemasangan kain tenun itu, kata Mari, juga akan digelar peragaan busana untuk memperkenalkan tenunan khas Buton yang unik dan sarat nilai filosofis.

"Karena ada desainernya, jadi ada sentuhan untuk meningkatkan kualitas dan juga tampilan supaya (tenun ini) lebih kontemporer, lebih modern, itu juga akan diangkat, dan digunakan di mode, mudah-mudahan jadi terangkat," jelasnya.

Mari berharap perhelatan itu bisa membuat kain tenun khas Buton, yang terdiri atas setidaknya 40 jenis, diterima publik lokal dan internasional.

Perancang Ian Adrian, yang terlibat dalam proyek itu, mengemukakan persiapan telah dilakukan sejak Juli lalu untuk memastikan kualitas tenun yang akan digunakan dalam perhelatan itu.

"Kualitas tenun diperhatikan benar-benar. Kita pastikan tenun menggunakan benang jahit yang tidak akan luntur," katanya.