Musisi orkestra Keraton Yogyakarta siap gaungkan HPKN di Jakarta

id Musisi Keraton Yogyakarta,Yogyakarta,HPKN

Musisi orkestra Keraton Yogyakarta siap gaungkan HPKN di Jakarta

Para musisi orkestra dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam "Yogyakarta Royal Orchestra" (YRO) melakukan gladi bersih konser musik di Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (28/2/2024) (ANTARA/HO-Pemda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 62 musisi orkestra dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam "Yogyakarta Royal Orchestra" (YRO) bersiap menggaungkan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) melalui sebuah konser musik di Aula Simfonia Jakarta.

Pimpinan Produksi Konser HPKN-YRO 2024 Mas Lurah Widyotantomardowo dalam keterangan resminya di Yogyakarta, Kamis, mengatakan konser yang berlangsung pada 1 hingga 2 Maret 2024 itu akan menyuguhkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.

"Yang paling spesial akan ditampilkan nomor istimewa berjudul 'Himne Serangan Umum 1 Maret 1949' yang merupakan 'Yasan Dalem' atau karya Sri Sultan Hamengku Bawono X juga akan dibawakan dalam konser tersebut," kata Widyotantomardowo.

Konser itu, kata dia, bertujuan untuk merayakan dan menggaungkan HPKN lebih luas di Tanah Air setelah ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret sebagai hari besar nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022.

"Kesiapan yang sudah kami lakukan seperti mengadakan lima kali latihan sejak Sabtu (25/2) lalu sampai hari ini. Kini kita melakukan gladi atau latihan terakhir dan sugengan sebelum Kamis pagi (29/2) kami akan berangkat ke Jakarta," kata dia.

Selain menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan RI melalui musik, menurut dia, konser HPKN- YRO 2024 itu sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya DIY di Jakarta.

Widyotantomardowo mengatakan solois vokal Daniel Christianto dan paduan suara dari PSM Universitas Indonesia Paragita akan ikut mewarnai repertoar dalam Konser HPKN Dengan RW. Widyogunomardowo selaku conductor atau pengaba nantinya.

"Setidaknya 10 repertoar akan dipentaskan dalam konser tersebut dan telah disusun aransemennya dipadukan dengan orkestra maupun solois baik vokal, violin, cello dan sebagainya," ujar dia.

Konser yang siap memanjakan penonton ini akan dibuka dengan lagu "Himne Serangan Umum 1 Maret 1949" dan ditutup lagu "Sepasang Mata Bolo".

Bersamaan dengan penyelenggaraan Konser HPKN- YRO 2024, sebelum memasuki concert hall para tamu undangan hari pertama (1/3) maupun penonton hari kedua (2/3) dapat mengeksplorasi Pameran "Jayapatra: Langkah Jogja Bagi Bangsa".

Pameran tersebut menyajikan rentetan singkat dedikasi Yogyakarta untuk RI.