Pusat perbelanjaan di Palu sudah kembali normal

id pasar

Pusat perbelanjaan di Palu  sudah kembali normal

Suasana pasar tradisional di Palu sudah kembali ramai. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Pusat-pusat perbelanjaan di Kota Palu, Sulawesi Tengah,kini sudah kembali normal setelah selama hari Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah tampak sangat sepi dari berbagai aktivitas jual-beli.

Pantauan di tiga pusat perbelanjaan tradisional yakni Pasar Masomba, Pasar Bambaru dan Pasar Manonda Palu, Selasa aktivitas sudah kembali ramai, baik pedagang yang berjualan maupun pengunjung terlihat hari ini cukup ramai dibandingkan selama hari raya tampak sepi.

Sebagian besar pedagang yang menggelar dagangan di tiga pasar tradisional di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu sudah kembali beraktivitas menjual berbagai kebutuhan masyarakat.

Meja-meja jualan yang sebelumnya tampak kosong terlihat sudah padat dengan dagangan, termasuk di lapak penjualan ikan dan daging yang selama dua hari Lebaran sepi, kini ramai kembali dikunjungi warga yang datang berbelanja berbagai keperluan sehari-hari.

"Saya baru hari ini menjual lagi," kata Ny Sri, seorang pedagang ayam di kawasan Pasar Masomba Palu.

Ia mengatakan pembeli ayam hari ini cukup banyak, mungkin masih dalam suasa hari raya masih ada tamu yang bersilahturahim.

Dia mengaku sehari sebelum Lebaran Idul Fitri, warga yang berbelanja daging ayam cukup padat.

Menurut dia, Lebaran kali ini lebih ramai dibandingkan sebelumnya, meski di tengah pandemi COVID-19.

Kebanyakan warga di rumah aja, tidak berani mudik, sebab sudah dilarang oleh pemerintah sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.
Warga memilih untuk merayakan Lebaran di rumah bersama keluarga dan kerabat dekat.

Karena adanya larangan mudik, makanya warga yang berbelanja berbagai kebutuhan hari raya cukup padat sampai jalan-jalan menuju pasar macet total.

Akibat membludaknya warga yang berbelanja, kendaraan tidak bisa masuk ke kawasan pasar dan harus mencari tempat parkir, kemudian berjalan kaki menuju pasar.
Kondisi yang sama juga terlihat di Pasar Manonda dan Pasar Bambaru. Sudah hampir semua pedagang kembali beraktivitas setelah dua hari istirahat untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya.

Sementara terminal angkutan penumpang antarprovinsi dan antar kabupaten (AKAP) dan AKDP di Palu hingga kini masih lengang. Terminal angkutan darat Mamboro dan Tipo hari ini masih sepi. Tidak ada satupun bis AKAP/AKDP yang diberangkatkan maupun tiba.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar