Poco-Poco Satukan Masyarakat ASEAN di Paris

id poco poco, paris, budaya, ASEAN

Poco-Poco Satukan Masyarakat ASEAN di Paris

Tari Poco-poco (FOTO ANTARA/Basrul Haq)

Kita tidak perlu ramai-ramai (ribut), kan kita semua bersaudara," ujar Tan Asi Abdul Aziz Zainal.
Paris - Tarian poco poco serta lagu Makarena berhasil menyatukan masyarakat anggota organisasi negara-negara ASEAN yang menetap di Paris, Prancis, dalam acara ASEAN Family Day di daerah rekreasi Saint Quentin en Yvelines, Paris, Minggu.

ASEAN Family day digelar setiap tahun dalam upaya meningkatkan kebersamaan di antara para keluarga warga negara anggota ASEAN di Paris, ujar Duta Besar RI di Paris Rezlan Ishar Jenie yang menjadi Ketua Panitia kepada ANTARA di London, Minggu.

Acara ASEAN Family Day juga diikuti oleh pengendara sepeda motor Ride for Peace Jeffry Polnaja yang akan mengawali perjalanannya keliling dunia untuk kedua kali.

Meskipun hujan membasahi daerah wisata, tidak mengurangi kemeriahan acara  ASEAN Family Day yang menampilkan kesenian dan permainan dan kompetisi olahraga ringan di antara staf Kedutaan ASEAN serta penarikan undian berhadiah ini.

Selain itu disetiap stand negara anggota ASEAN tersedia berbagai jenis kuliner pilihan spesialisasi dari masing masing negara.

Duta Besar Rezlan Ishar Jenie mengatakan bahwa ASEAN Family day merupakan rangkaian dari perayaan ulang tahun ASEAN yang ke-45 pada bulan Agustus mendatang.

Duta Besar Laos untuk Paris Khouanta Phalivong mengakui bahwa penyelenggaraan hari keluarga ASEAN sangat unik untuk bisa menyatukan dan saling kenal di antara para keluarga negara anggota ASEAN yang bertugas di Paris.

Sementara itu Dubes Malaysia di Paris Tan Sri Abdul Aziz Zainal mengatakan bahwa digelarnya acara ASEAN Family Day membuat keluarga anggota ASEAN yang ada di Paris semakin akrab dan saling mengenal.    

"Kita tidak perlu ramai-ramai (ribut), kan kita semua bersaudara," ujar Tan Asi Abdul Aziz Zainal.

ASEAN terdiri atas Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Tarian Poco-Poco adalah jenis tarian modern asli Indonesia yang mulai populer di awal tahun 2000-an diikuti oleh seluruh keluarga anggota ASEAN tidak terkecuali para Dubes dan istri yang membuat suasana makin meriah. .ZG)