Mantan kapten MU Antonio Valencia gantung sepatu

id antonio valencia,manchester united,timnas ekuador

Mantan kapten MU Antonio Valencia gantung sepatu

Antonio Valencia © AFP (bola.net) (/)

Jakarta (ANTARA) - Mantan kapten Manchester United asal Ekuador, Antonio Valencia, pada Kamis dini hari WIB mengumumkan keputusannya gantung sepatu dari dunia sepak bola profesional dalam usia 35 tahun.

Valencia menyampaikan pengumumannya lewat akun media sosial pribadinya dan menyematkan dua pernyataan, satu berbahasa Spanyol dan yang lainnya berbahasa Inggris yang khusus ditujukan kepada suporter MU.

Setelah dua musim membela Wigan Athletic, pada musim panas 2009 Valencia diboyong Sir Alex Ferguson ke MU di mana ia meraih sedikitnya enam trofi bergengsi termasuk dua gelar juara Liga Premier Inggris, satu trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga Inggris dan satu trofi Liga Europa.

Valencia menyebut kesempatannya tampil di Eropa sebagai sesuatu yang tak pernah dimimpikannya dan pengalamannya bermain di Old Trafford, markas MU, sebagai sesuatu yang akan selalu dikenang.

"Wigan merupakan pengalaman unik dan Tuhan kemudian memberi saya kesempatan bergabung dengan Manchester United," tulis Valencia dalam pernyataannya yang disematkan dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, @anto_v25.

"Saya tidak akan melupakan semua pengalaman di Old Trafford, setiap gol, setiap trofi dan tentunya suporter yang luar biasa," tulisnya lagi.
Kendati mengaku tidak menyangka ia harus mengucapkan perpisahan dengan sepak bola profesional, Valencia merasa badannya sudah memaksanya mengambil keputusan pensiun ini.

Cuitan pensiun Valencia disambut apresiasi dari MU, serta bekas rekan-rekannya di Setan Merah seperti David de Gea dan Rio Ferdinand.

"Salah satu orang paling rendah hati yang saya kenal. Selalu malu-malu tetapi itu kerap membuat saya tersenyum... Senang pernah bermain bersama. Nikmati masa pensiun Tonio," demikian cuit Ferdinand dalam akun Twitter pribadinya, @rioferdy5.

Selain enam trofi dan sempat mengemban ban kapten sejak 2017 hingga akhirnya pergi dari Old Trafford dua tahun kemudian, Valencia tiga kali menerima penghargaan Pemain Terbaik yang dipilih suporter MU pada 2011/12 dan rekan-rekannya pada 2011/12 serta 2016/17.

Setelah meninggalkan MU, Valencia pulang ke negaranya membela LDU Quito semusim sebelum menutup karier di klub Meksiko, Queretaro.

Di level internasional, Valencia mencatatkan 99 penampilan untuk timnas Ekuador dan menyumbangkan 11 gol. Ia juga menjadi kapten Ekuador dalam putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil.