Pemkab Sigi-RSUP Wahidin Makassar optimalkan layanan kesehatan

id pemkab sigi,bupati sigi,layanan kesehatan sigi,rs wahidin makassar,mohamad irwan

Pemkab Sigi-RSUP Wahidin Makassar  optimalkan layanan kesehatan

Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

"Iya, hal ini agar masyarakat kurang mampu yang menderita penyakit berat dapat pelayanan optimal," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Selasa.

Ia menjelaskan kerja sama itu untuk membantu masyarakat kurang mampu di Sigi agar mendapat pelayanan dan berobat secara optimal.

Ia mengakui cukup banyak warga kurang mampu di daerah tersebut namun menderita penyakit yang perawatan dan pengobatannya tidak ditanggung dalam mekanisme BPJS Kesehatan.

Akhirnya, kata dia, warga dari kalangan itu menempuh jalan pintas dengan kembali ke rumah, karena keterbatasan pembiayaan pengobatan dan perawatan.

"Warga yang menderita penyakit berat seperti tumor, kanker. dan lainnya, mereka tidak bisa berobat akhirnya berhenti dan pulang ke rumah," katanya.

Oleh karena kondisi itu, Pemkab Sigi membangun kerja sama dengan RS Dr Wahidin Makassar, agar warga kurang mampu yang menderita penyakit berat bisa ditangani dengan baik di rumah sakit tersebut.

"Ketika ada warga kurang mampu yang menderita penyakit berat dari Sigi, pihak RS Wahidin langsung memberikan pelayanan dan tidak lagi bertanya, olehnya kami telah formalkan kerja sama itu dan telah menandatangani MoU (nota kesepahaman)," katanya.

Ia menyatakan segala biaya perawatan dan pengobatan terhadap warga kurang mampu dari Sigi di RSUP Wahidin, ditanggulangi Pemkab Sigi melalui APBD.

Selain itu, biaya transportasi pergi dan pulang pasien serta satu anggota keluarga yang mendampingi pasien ditanggulangi Pemkab Sigi.

 Bahkan, biaya makan selama menjalani perawatan dan pengobatan ditanggulangi pemkab hingga kembali ke Sigi, setelah selesai berobat.

"Hal ini sebagai bentuk upaya menghadirkan negara atau pemerintah untuk mengintervensi segala problem yang dihadapi oleh masyarakat, termasuk dalam pelayanan kesehatan," kata dia.
Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) menandatangani kerjasama layanan kesehatan dengan RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. (ANTARA/Muhammad Hajiji)