Pejudo Arab Saudi Diizinkan Bertarung Pakai Jilbab

id judo, jilbab, olimpiade

Pejudo Arab Saudi Diizinkan Bertarung Pakai Jilbab

ilustrasi (ANTARA)

London - Seorang altlet putri judo Arab Saudi akan ambil bagian dalam kompetisi judo Olimpiade London 2012 setelah dia diizinkan untuk mengenakan jilbab yang dirancang khusus, kata para pejabat, Senin (30/7).
        
Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani adalah satu dari hanya dua orang atlet putri Arab Saudi yang datang ke Olimpiade London setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) melobi kerajaan Islam itu untuk membatalkan penolakannya mengirim atlet putri ke Olimpiade.
        
Namun Shaherkani mengatakan dia baru mau bertanding jika dia diizinkan mengenakan kain kerudung penutup rambut atau jilbab, dan para pejabat cabang olahraga judo menolak, dengan menyatakan bahwa hal tersebut akan berbahaya.
        
Seorang perempuan juru bicara Komite Olimpiade Nasional Arab Saudi mengatakan komite itu, IOC dan Federasi Judo Internasional (IJF)
saat ini sudah menyetujui suatu bentuk kesepakatan yang dapat diterima bagi penggunaan jilbab.
        
"Mereka menyetujui suatu desain baju dan dia akan berlaga dengan menggunakan baju rancangan khusus ini," ujar Razan Baker, dengan menambahkan bahwa dia belum mengetahui seperti apa desain baju khusus itu.
        
Jubir IJF Nicolas Messner mengkonfirmasi bahwa Shaherkani
akan ikut bertanding, tetapi ia menolak memberi penjelasan lebih lanjut.
        
IOC tahun ini berhasil mendesak Arab Saudi dan negara Muslim lain seperti Qatar dan Brunei, tiga negara yang menolak mengirim atlet putri mereka ke ajang Olimpiade, untuk mengakhiri larangan mereka tersebut.
        
Keputusan Arab Saudi untuk mengirim Shaherkani dan juga pelari 800-meter Sarah Attar yang masih remaja, mendapat pujian dari Presiden IOC Jacques Rogge pada saat itu. Shaherkani akan berlaga di kategori kelas berat pada Jumat mendatang.
        
Peraturan IJF bagi pertadingan Olimpiade adalah tidak boleh mengenakan penutup kepala, dan federasi menyatakan kemungkinan akan berbahaya bagi para pejudo jika jilbab digunakan secara tak sengaja bisa mencekik dirinya atau lawannya. (Ant/Rtr)