Polda Sulteng berhasil raih medali perunggu Kejuaraan Judo Kapolri Cup

id Polda Sulteng,Kejuaraan Judo,Kapolri Cup 2023,Medali Perunggu ,Sulteng

Polda Sulteng berhasil raih medali perunggu Kejuaraan Judo Kapolri Cup

Ilustrasi - Markas Polda (Mapolda) Sulteng. (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah berhasil meraih medali perunggu di kelas -57 kilogram (kg) pada kejuaraan judo Kapolri Cup 2023.

"Alhamdullilah satu judoka putri atas nama Bripda Faradila, personel Ditpamobvit Polda, berhasil merebut medali perunggu di kelas -57 kilogram," kata Ketua Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sulteng Kombes Pol. Denny Jatmiko di Palu, Kamis.
 
Ia mengatakan dalam kejuaraan judo Kapolri Cup 2023 yang berlangsung pada 7-9 Juli 2023 itu, Polda Sulteng mengirimkan enam atlet judo terbaiknya dalam ajang bergengsi tersebut.
 
Menurut dia, keberhasilan Faradila tidak terlepas dari sentuhan pelatih nasional judo, Aiptu Stephanus Anando yang merupakan mantan atlet judo yang mewakili Sulteng pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2000 di Surabaya dan PON 2004 di Palembang dan saat ini menjadi pelatih judo Sulteng dan pelatih judo Polda Sulteng.
 
"Kejuaraan ini masih dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023," katanya.
 
Pada kejuaraan tersebut, anggota polisi laki-laki (Polki) maupun polisi wanita (Polwan) ikut ambil bagian dalam memperebutkan gelar juara. Adapun kelas yang dipertandingkan yakni -57kg, -60kg, -66kg, -73kg, -81kg, -90kg, dan +90.
 
Sementara itu, Aiptu Stephanus Anando  mengatakan pelatihan jhudoka di Polda Sulteng terus berjalan untuk mencari bibit - bibit anggota Polri yang dapat mewakili Sulteng dalam berbagai kejuaraan.
 
"Pembinaan dan pelatihan judoka di Polda Sulteng ini terus berjalan dan bertujuan mencari bibit-bibit anggota Polri yang bisa mewakili Sulteng, maupun kesatuan di ajang nasional dan internasional,” katanya.
 
Kejuaraan judo Kapolri Cup tahun 2023 diselenggarakan di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu 9 Juli 2023.

Para atlet judo berasal dari seluruh Polda jajaran se-Indonesia, SPN Lido Polda Metro Jaya, Akademi Kepolisian dan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan).