Polda perkuat peran Bhabinkamtibmas wujudkan rasa aman Polres Banggai

id Polda Sulteng ,Bhabinkamtibmas Polres Banggai ,Sulawesi Tengah ,Pembinaan bhabinkamtibmas,Polda perkuat peran Bhabinkamt

Polda perkuat peran Bhabinkamtibmas wujudkan rasa aman Polres Banggai

Personel Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Banggai mengikuti pembinaan di Aula Maleo Polres Banggai, Banggai, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Banggai)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Tim Direktorat Binmas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) memperkuat peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Banggai melalui pembinaan dalam upaya mewujudkan rasa aman dan damai di wilayah setempat.
 


"Bhabinkamtibmas merupakan tonggak utama dalam menjaga keamanan di wilayah pedesaan/kelurahan, maka peran mereka perlu untuk diperkuat," kata Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Sulteng Kompol M. Syukri di Banggai, Kamis.

 

Ia mengatakan, pembinaan diberikan agar personel Bhabinkamtibmas Polsek jajaran dapat memahami tugas pokok masing-masing dengan baik.

 

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan kepada personel Bhabinkamtibmas agar lebih aktif dalam pelaksanaan tugas masing-masing, seperti kegiatan sambang, penyuluhan dan penyelesaian masalah (problem solving) kepada masyarakat di daerah itu.

 

Polda Sulteng terus berupaya menambah wawasan Bhabinkamtibmas agar mampu menangkap atau menerima dengan baik segala permasalahan yang ada di desa.

 

"Dengan ini, Bhabinkamtibmas dapat menciptakan lingkungan yang aman dan damai, serta menjaga ketertiban masyarakat di wilayah tugas masing-masing," ujarnya.

 

Kompol M. Syukri juga mengatakan bahwa personel Bhabinkamtibmas harus mampu membuat laporan kegiatan setiap harinya serta pertanggungjawaban setiap bulan.

 

Ia juga mengimbau Bhabinkamtibmas di wilayah desa bisa rutin setiap hari mengecek situasi desa binaannya, sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat.

 

"Dan terkait dengan penyaluran sarana kontak (sarkon), diharapkan diserahkan dengan tepat sasaran kepada masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.