Sulteng kerja sama tingkatkan SDM bidang statistik

id Pemprov Sulteng ,Diskominfo Santik ,BPS Sulteng ,Peningkatan SDM,Kerja sama,Sulawesi Tengah

Sulteng kerja sama tingkatkan SDM bidang statistik

Kepala Diskominfo Persandian dan Statistik Sulteng, Sudaryano R. Lamangkona (kanan) dan Kepala BPS Sulteng Simon Sapary (kiri) melakukan penandatanganan kerja sama di Palu, Jumat (3/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemerintah daerah di bidang statistik.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia pemerintah daerah di bidang statistik, dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulteng Sudaryano R. Lamangkona di Palu, Jumat.
 
Selain itu, kerja sama ini juga dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Dia menyampaikan, berdasarkan Surat Keputusan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Nomor 741 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah, Sulteng berhasil meraih Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 2,28 dengan predikat cukup.
 
"Olehnya, perolehan predikat cukup membawa Sulteng berada di posisi tertinggi pada regional Sulawesi," katanya.
 
Ia menyebut evaluasi yang dilaksanakan BPS ini guna mengukur dan mengevaluasi capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada pemerintah daerah lebih meningkat dan lebih baik lagi.
 
Karena itu, Sudaryano menyampaikan terima kasih kepada BPS Provinsi Sulawesi Tengah yang bersedia melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.
 
Ia berharap kerja sama ini membawa manfaat guna meningkatkan kapasitas SDM aparatur Pemprov Sulawesi Tengah dalam pelayanan publik, mutu statistik daerah dan kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral.