Laboratorium "onsite" LEMIGASdorong efektivitas produksi migas

id lemigas,kementerian esdm

Laboratorium "onsite" LEMIGASdorong efektivitas produksi migas

Layanan unit laboratorium LEMIGAS Kementerian ESDM. ANTARA/HO-LEMIGAS

Jakarta (ANTARA) - Laboratorium onsite milik LEMIGAS Kementerian ESDM ikut mendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan produksi minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia.

Kepala LEMIGAS Kementerian ESDM Mustafid Gunawan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan LEMIGAS memiliki layanan Onsite Biostratigraphy Laboratorium Unit, yang dapat dibangun di sekitar wilayah kegiatan operasi produksi migas baik offshore maupun onshore.

"Layanan pengujian laboratorium onsite ini dapat membantu efektivitas serta efisiensi dalam produksi migas," katanya.

Onsite Biostratigraphy Laboratorium Unit merupakan kabin unit laboratorium stratigrafi yang bersifat mobile.

Kabin unit onsite dilengkapi dengan sarana kegiatan laboratorium stratigrafi termasuk peralatan preparasi seperti oven, centrifuge, fume hood, maupun analisis stratigrafi termasuk mikroskop binokuler untuk analisis foraminifera, mikroskop polarisasi untuk analisis nannoplankton, serta mikroskop transmisi fluorescene untuk analisis palinology.

Mustafid mengatakan kabin unit laboratorium stratigrafi yang dimiliki LEMIGAS telah memenuhi standar internasional kualifikasi offshore dengan adanya Sertifikat DNV 2.7-1 yang lolos Uji Visual Inspection, NDT Inspection, Load Test, Verifikasi Material, dan Prototype Testing.

Unit laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan standar safety seperti hydrant, eye wash, emergency lamp, emergency exit, masker, dan petunjuk lainnya.

"Kabin unit stratigrafi ini ditujukan untuk meningkatkan jasa layanan stratigrafi dalam memecahkan masalah eksplorasi di lapangan baik onshore maupun offshore secara realtime seperti posisi drilling telah menembus umur atau zonasi tertentu atau batas-batas formasi batuan yang sangat berguna dalam menunjang analisis well site geologist dalam pengeboran sumur eksplorasi," jelasnya.

Mustafid juga mengungkapkan stratigrafi dalam melakukan pelayanan jasa laboratorium dan studi serta kegiatan teknis di bidang teknologi meliputi analisis biostratigrafi antara lain foraminifera, nannoplankton, palinologi dan radiolarian dalam interpretasi umur/zonasi, lingkungan pengendapan, komponen sikuen stratigrafi, serta identifikasi fault/unconformity, yang penting dalam analisis geologi model secara komprehensif.

Jasa lab onsite LEMIGAS tersebut telah dimanfaatkan oleh KKKS seperti BUMN dan perusahaan migas dari dalam dan luar negeri seperti PT Pertamina (Persero) dan anak usahanya seperti PHE Tuban East Java dan PGN Saka Energi, serta Total EP Indonesie.
 
Layanan unit laboratorium onsite LEMIGAS Kementerian ESDM. ANTARA/HO-LEMIGAS

Mustafid juga menjelaskan beberapa keuntungan menggunakan onsite/wellsite biostratigraphy LEMIGAS yakni untuk menyediakan data biostratigrafi terkini langsung di lokasi pengeboran, memberikan arahan biostratigrafi dalam pengeboran untuk mencapai target reservoir atau lapisan penting untuk interval coring, dan berguna dalam membedakan lapisan target reservoar pada perubahan fasies cepat secara vertikal suksesi sedimen, terutama pada bagian sedimen delta.

Keuntungan lainnya adalah memberikan arah pengeboran horisontal agar tetap pada interval lapisan target serta analisis biostratigrafi onsite secara real time yang bisa membantu dalam mengontrol data pengeboran serta proyeksi data pengeboran baik vertikal maupun horisontal sesuai dengan interval lapisan sedimen yang diharapkan, sehingga sangat efektif.