KPU Tojo Una-Una koordinasikan persiapan debat paslon Pilkada 2024

id KPU Tojo Una-una ,Tahapan kampanye ,Debat paslon Pilkada ,Pilkada Touna 2024,Sulawesi Tengah

KPU Tojo Una-Una koordinasikan persiapan debat paslon Pilkada 2024

KPU Tojo Una-una melaksanakan rapat koordinasi persiapan debat terbuka bagi Paslon Pilkada 2024 di Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, Senin (7/10/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Touna)

Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, mengkoordinasikan persiapan debat terbuka bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 


Ketua KPU Touna Ahdin L. Nondo di Tojo Una-Una, Senin, menyampaikan tentang kewajiban KPU dalam membantu setiap pasangan calon kepala daerah dalam mensosialisasikan setiap visi misinya kepada masyarakat.


 


"Rapat koordinasi bertujuan untuk melakukan diskusi dan mengharapkan masukan dari masing masing pihak. Sesuai dalam peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 tahun 2024, debat akan dilaksanakan dalam tiga tahap," katanya.


 


Giat ini dihadiri oleh KPU Tojo Una-una, Bawaslu setempat, Polres Touna, Kesbangpol Touna dan perwakilan liaison officer (LO) dari masing-masing empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-una.


 


Ahdin menjelaskan pelaksanaan debat kandidat merupakan bagian dari tahapan kampanye yang dimulai sejak 25 September hingga 23 November mendatang. 


 


Dalam debat itu, setiap pasangan calon akan beradu argumen serta menyampaikan visi misi dan program masing-masing kepada masyarakat.


 


Ia mengemukakan bahwa KPU Tojo Una-Una menetapkan jadwal kampanye debat antar pasangan pada bulan Oktober dua kali dan bulan November satu kali.


 


Sementara itu, debat antar pasangan calon akan berlangsung pada 12 Oktober, 26 Oktober serta 17 November 2024. 


 


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Operasi Polres Tojo Una-Una AKP Kukuh Edi Purwanto mengatakan pihaknya siap melakukan pengamanan pada setiap tahap debat yang akan berlangsung dalam tiga tahap.


 


“Kami akan tetap menyiapkan rencana pengamanan dengan penempatan personel pengamanan baik di dalam maupun di luar gedung,” ujarnya.


 


Ia juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan nonton bareng debat, disarankan agar dilaksanakan di posko masing-masing kandidat untuk meminimalisir potensi gangguan keamanan, serta pembatasan kendaraan dalam area pelaksanaan debat.