KPU Kabupaten Sigi perpanjang pendaftaran calon anggota PPK untuk Pilkada 2024

id Kpu Sigi ,Komisi Pemilihan Umum ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pilkada 2024

KPU Kabupaten Sigi perpanjang pendaftaran calon anggota PPK untuk Pilkada 2024

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sigi Suandi Tamrin Bilatullah ( tengah) didampingi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Rosnawati (kanan) saat memberikan cendera mata kepada Kaban Kesbangpol Sigi Tony W Ponulele (Kiri) usai rapat evaluasi persiapan Pilkada 2024. (ANTARA/ HO-KPU Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memperpanjang pendaftaran calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024.

"Ada lima kecamatan yang pendaftaran calon anggota PPK diperpanjang, yaitu Kinovaro, Lindu, Pipikoro, Marawola Barat, dan Palolo," kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Sigi Suandi Tamrin Bilatullah di Sigi, Rabu.

Dia menuturkan perpanjangan pendaftaran untuk PPK itu hanya selama tiga hari, dari Selasa (30/4) sampai Kamis (2/5). Hingga batas akhir pendaftaran, jumlah pendaftar masih 100-an orang lebih.

"Untuk masa perpanjangan dibuka mulai tanggal 30 April sampai 2 Mei, hal itu karena minimnya pendaftar di lima kecamatan sehingga belum memenuhi dua kali jumlah kebutuhan (kurang dari 10 orang). Makanya ini menjadi alasan perpanjangan masa pendaftaran itu,"ucapnya

Dia berharap masyarakat di Kabupaten Sigi, khususnya di lima kecamatan itu, dapat mendaftar sebagai calon anggota PPK.

"Sesuai surat keputusan KPU 476 Tahun 2024, seleksi dilakukan secara terbuka sehingga kami mengumumkan sekaligus mengajak seluruh putra dan putri terbaik Kabupaten Sigi untuk datang mendaftar sebagai calon anggota PPK," kata Suandi.

Suandi menambahkan KPU akan tetap melanjutkan proses rekrutmen badan ad hoc panitia pemilihan kecamatan apabila dua kali kebutuhan tetap tidak terpenuhi.

"Jika dalam waktu tiga hari perpanjangan juga belum terpenuhi jumlah kebutuhan maka proses rekrutmen tetap dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni seleksi tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT)," ujarnya

Sementara itu, Ketua KPU Sigi Soleman menuturkan lembaganya membutuhkan sebanyak 603 orang badan ad hoc untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Kami melakukan rekrutmen penyelenggara badan ad hoc untuk Pilkada Sigi mendatang. Untuk jumlah masing-masing kecamatan ada lima orang anggota, jadi dengan 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi, jumlah PPK yang dibutuhkan sebanyak 75 orang," kata Soleman.

Dia mengemukakan untuk panitia pemungutan suara (PPS) di masing-masing desa berjumlah tiga orang.

"Panitia pemungutan suara kita berjumlah tiga orang dikali 176 desa sehingga total anggota PPS yang akan direkrut untuk Pilkada 2024 sebanyak 528 orang," ucapnya.
"Pendaftar yang sudah masuk berkasnya akan kembali dilakukan verifikasi administrasi dan dapat ditetapkan lolos administrasi serta mengikuti tahapan selanjutnya," tambah Soleman.