FKUB upayakan Sulteng sebagai daerah dengan indeks kerukunan tertinggi di Indonesia

id FKUB, keuangan, toleransi, umat beragama, Munif Godal, perdamaian, Sulawesi Tengah, moderasi beragama,Awaluddin,Palu

FKUB upayakan Sulteng sebagai daerah dengan indeks kerukunan tertinggi di Indonesia

Sekretaris FKUB Sulawesi Tengah Munif A Godal saat menyampaikan pesan-pesan perdamaian dalam kegiatan Halal Bihalal yang dilaksanakan organisasi tersebut di Kota Palu, Senin (29/4/2024). ANTARA/HO-Humas FKUB Sulteng.

Palu (ANTARA) -
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mengupayakan Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai daerah dengan indeks kerukunan tertinggi di Indonesia melalui pelibatan multi pihak dalam menjaga hubungan harmonis dan memperkuat toleransi.
 
"Kami berkeinginan Sulteng masuk dalam tiga besar indeks kerukunan umat beragama tertinggi, oleh sebab itu berbagai program kami lakukan untuk mewujudkan harapan itu," kata Sekretaris FKUB Sulteng Munif A Godal dalam acara Halal Bihalal FKUB di Kota Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan, FKUB Sulteng sebagai organisasi tempat berkecimpung tokoh-tokoh lintas agama, bertekad meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama, yang didahului dengan penguatan toleransi antar-umat beragama.
 
Langkah ini tidak lain untuk merawat perdamaian, persatuan, dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
"Kami ingin Sulteng menjadi tujuan orang untuk belajar tentang toleransi dan kerukunan," katanya.
 
Ia menjelaskan, FKUB Sulteng dalam upaya tersebut telah melaksanakan berbagai program, di antaranya muhibbah kerukunan.

Muhibbah kerukunan yaitu tokoh lintas agama dari semua agama yang tergabung dalam FKUB bersilaturahim dan berdialog dengan pimpinan dan umat organisasi keagamaan.
 
FKUB Sulteng juga terus menggencarkan penguatan pemahaman moderasi beragama di tingkat pelajar dan masyarakat secara luas di 13 kabupaten/kota di Sulteng.
 
"Upaya akan semakin optimal bila ada kerja sama dan dukungan dari multi pihak untuk bersama-sama mewujudkan Sulteng rukun, damai, dan toleran.
 
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Awaluddin mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah FKUB mewujudkan darah dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia.
 
"Tentunya diharapkan akan terus menciptakan dan menumbuhkan kebersamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan dalam konteks hubungan sosial keagamaan, berbangsa, dan bernegara di daerah ini," katanya.
 
Menurut dia, guna mencapai kualitas kerukunan umat beragama maka semua pihak harus melakukan refleksi, bersatu, membuka diri menerima perbedaan dan membangun komitmen bersama.
 
"Jangan lagi ada sekat-sekat perbedaan, jadikan perbedaan sebagai kekuatan sosial dan moral dalam membawa bangsa ini menjadi bangsa yang cinta damai dan toleransi," kata Awaluddin.