Sekolah di Davao peringati Hari Pendidikan dengan tema Merdeka Belajar

id KJRI Davao,Hari Pendidikan Nasional,Sekolah Indonesia Davao-Filipina

Sekolah di Davao peringati Hari Pendidikan dengan tema Merdeka Belajar

Suasana upacata peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Sekolah Indonesia Davao-Filipina (SID), Kamis (2/5/2024). ANTARA/Ho-KJRI Davao

Jakarta (ANTARA) - Sekolah Indonesia Davao-Filipina (SID) sebagai salah satu Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024 dengan mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Hari Pendidikan Nasional diperingati dengan penuh khidmat dan kesederhanaan karena tengah berada dalam suasana pelaksanaan Tes Sumatif Akhir Semester untuk kelas IX dan VI SD dan juga murid-murid kelas XII yang telah kembali ke rumah masing-masing setelah melaksanakan Tes Sumatif Akhir Semester Maret lalu.

Melalui keterangan resmi KJRI Davao yang diterima di Jakarta, Kamis, Wakil Kepala Kurikulum SID Indra Tejamukti selaku pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Menteri Nadiem mengatakan bahwa masa lima tahun untuk mentransformasi sebuah sistem pendidikan bukanlah hal yang sangat mudah. Mengubah perspektif tentang proses pembelajaran butuh perjuangan.

“Rasa tidak nyaman terus menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan, sebagai gerakan yang berkelanjutan,” bunyi sambutan menteri itu.

Pembina upacara juga menyampaikan pesan PLT Kepala SID yang sekaligus Atdikbud agar para peserta upacara menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum melihat kembali dan mengintrospeksi diri mengenai sistem pendidikan yang dilaksanakan.

Menurutnya, sistem pendidikan harus sesuai dengan filosofi pendidikan luhur bangsa Indonesia yang dirumuskan dalam tiga semboyan; Ing Ngarsa Sung Tuladha (dari depan memberikan teladan), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah membangkitkan semangat), serta Tut Wuri Handayani (dari belakang memberi dorongan).

“Setiap murid mempunyai latar belakang dan cita-cita yang berbeda. Secara umum murid SID adalah anak-anak yang lahir dan besar di Filipina, dan tugas utama kita selain mengajar adalah meng-Indonesia-kan mereka dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an," ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan berbagai lomba yang menanamkan rasa nasionalisme terutama bagi murid-murid yaitu berpidato dan bercerita dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Semua kegiatan Hari Pendidikan Nasional 2024 tersebut difasilitasi oleh kantor Atdikbud dan didukung penuh oleh KJRI Davao City.