Dinas Kesehatan sebut kualitas udara Kota Palu sehat

id Dinkespalu, Rochmat Jasin, Pemkotpalu, kualitas udara, gunung ruang, erupsi, kota Palu, Sulteng

Dinas Kesehatan sebut kualitas udara Kota Palu sehat

Dok- Kepala Dinas Kota Palu Rochmat Jasin memberikan keterangan kepada sejumlah pewarta terkait kesehatan lingkungan . ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Dinas Kesehatan menyebutkan kualitas udara di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam keadaan sehat atau sangat baik, sebagai mana hasil pengukuran tingkat kualitas udara oleh pemerintah setempat pada Kamis (2/4).
 
"Data Pemkot Palu menunjukkan bahwa indeks kualitas udara (IKU) di ibu kota Sulteng sangat baik, tidak memberikan efek negatif terhadap manusia, hewan dan tumbuhan," kata Kepala Dinas Kota Palu Rochmat Jasin di Palu, Jumat, menanggapi isu penyebaran abu vulkanik dampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara.
 
Dilaporkan parameter indeks standar pencemaran udara (ISPU) di angka 16 dengan parameter kritis PM10 atau berada dalam kategori baik dan tingkat kelembaban udara di angka 65 persen.
 
Meski kualitas udara Kota Palu sangat baik, namun Dinkes setempat mengimbau warga tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.
 
"Kondisi cuaca saat ini dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, kami menyarankan masyarakat tetap menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, saat ini fenomena penyakit flu dan batuk dipengaruhi cuaca hujan," tutur Rochmat.
 
Menurut dia kesehatan sangat penting, bila daya tahan tubuh lemah maka berbagai penyakit dapat menyerang, hal itu dapat mempengaruhi kegiatan masyarakat.
 
"Kesehatan itu mahal, kalau masyarakat sakit tentu sangat mempengaruhi sektor-sektor lainnya," kata dia menambahkan.
 
Menurut data BMKG Stasiun Pemantauan Atmosfer Global (SPAG) Lore Lindu Bariri Palu prakiraan sabaran abu vulkanik erupsi Gunung Ruang pada Rabu (1/4) sekitar Pukul 14:00 Wita sampai 20:00 Wita meliputi Kabupaten Buol, Tolitoli Sulawesi Tengah, Gorontalo, sebagian Kalimantan Utara dan mencapai Malaysia bagian timur, serta hampir meliputi seluruh Maluku Utara.
 
Kemudian hasil pantauan partikel debu halus dengan diameter kurang dari 10 um (PM10) dan 2,5 um (PM2,5) pada Rabu-red terlihat partikel PM 2,5 dalam kategori tidak sehat dengan nilai terukur 69 ug/m3 pada sejumlah daerah di Sulteng.
 
"Kami berharap dampak erupsi Gunung Ruang tidak memberikan dampak negatif terhadap Kota Palu," kata dia.