Dinkes Kota Palu layani pemeriksaan kesehatan di posko mudik lebaran

id Dinkespalu, Rochmat Jasin, layanan kesehatan, arus mudik, lebaran, idul Fitri, Sulawesi Tengah, Sulteng, posko pelayanan

Dinkes Kota Palu layani pemeriksaan kesehatan di posko mudik lebaran

Seorang petugas kesehatan saat memeriksa tekanan darah salah seorang petugas posko pelayanan arus mudik dan arus balik di Kota Palu, Jumat (5/4/2024). ANTARA/HO-Dinkes Palu.

Palu (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kota Palu Sulawesi Tengah membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis di posko pelayanan yang dikhususkan bagi pemudik selama masa arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.
 
"Kami terlibat di tiga posko pelayanan di wilayah Kota Palu untuk melayani pemudik maupun petugas posko yang membutuhkan pelayanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Rochmat Jasin di Palu, Jumat.
 
Ia menjelaskan, tiga posko yang melibatkan tenaga kesehatan itu yakni posko pelayanan di Kelurahan Mamboro, atau di jalur perlintasan ke arah luar kota, kemudian dua posko lainnya yang berada dalam kota terletak di Jalan Imam Bonjol dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.
 
Dinkes melibatkan 14 puskesmas di Kota Palu dan satu tim PSC 119 dengan penempatan petugas dilakukan secara bergantian sesuai jadwal yang telah disusun.
 
"Di posko pelayanan terdiri atas personel TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinkes," katanya.
 
Ia mengemukakan,  sesuai jadwal piket yang telah disusun, masing-masing posko ditempatkan satu tim kesehatan terdiri atas empat orang tenaga kesehatan, yakni dokter dan perawat serta satu orang sopir ambulans.
 
"Layanan diberikan kepada masyarakat tidak hanya pemeriksaan kesehatan gratis, tetapi juga layanan rujukan bila terjadi situasi darurat," kata Rochmat.
 
Ia mengajak masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung manfaatkan layanan yang disiapkan pemerintah.

Upaya ini dilakukan guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran, serta mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara.
 
Pelayanan kesehatan tersebut di antaranya pemeriksaan tekanan darah, pertolongan pertama pada kecelakaan, dan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan bila penangananya membutuhkan penanganan medis serius.
 
"Layanan ini dibuka tuju hari sebelum lebaran hingga tujuh hari setelah lebaran," kata Rochmat.