DjPb mencatat ekspor Sulteng triwulan satu 2024 capai 67 miliar dolar AS

id Ekonomi, eskpor, pertambangan, industri,Sulteng, DJPb, kemenkeu

DjPb mencatat ekspor Sulteng triwulan satu 2024 capai 67 miliar dolar AS

Ilustrasi- Suasana aktifitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan . ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat nilai ekspor Sulteng pada triwulan satu tahun 2024 mencapai 67 miliar dolar AS.
 
"Terjadi kenaikan ekspor 314,9 persen (yoy), kondisi ini sangat positif," kata Kepala Kanwil DJPb Sulteng Yuni Wibawa, di Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan mayoritas ekspor didominasi oleh ekspor komoditas besi dan baja dengan valuasi sebesar 1,5 miliar dolar AS dan berat total komoditas sekitar 929,2 juta ton.
 
Sementara itu impor ke Sulteng pada Maret 2024 tercatat senilai 454 juta Dolar AS atau turun 37,6 persen yoy, secara agregat impor di provinsi ini mencapai sekitar 1,41 miliar dolar AS selama triwulan I 2024.
 
"Kondisi ini tidak terlepas dari kinerja ekonomi yang kuat, selaras dengan kualitas pemulihan ekonomi yang terus terjaga ditandai dengan lanjutnya perbaikan kondisi ketenagakerjaan Sulteng 2023," ujarnya.
 
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor Sulteng sejak Januari hingga Juli 2023 sekitar 1,6 juta dolar AS, kondisi ini sangat berbanding jauh dengan di tahun ini.
 
Ia mengemukakan dari kegiatan ekspor secara tidak langsung memberikan penguatan pertumbuhan ekonomi daerah, tahun lalu mengalami pertumbuhan 11,91 persen.
 
Tahun 2023 ekonomi Sulteng tumbuh 11,91 persen, ini tidak terlepas dari dukungan berbagi sektor. Sektor paling menonjol dalam pertumbuhan ekonomi tersebut ditopang industri pengolahan, diikuti sektor pertambangan dan penggalian, kemudian pertanian, perkebunan serta perikanan.
 
"Pertumbuhan yang impresif ini mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 1,69 persen," ucap Yuni.
 
Ia menambahkan dari sisi penerimaan pajak terealisasi sebesar Rp2,22 triliun, sampai dengan 31 Maret 2024 penerimaan pajak didominasi oleh penerimaan PPh non migas sebesar 67,06 persen dari total penerimaan perpajakan.
 
"Penerimaan atas PPh non migas mencatatkan pertumbuhan tertinggi sekitar 40,02 persen (yoy) relatif tinggi dibandingkan komponen penerimaan pajak yang lain," kata dia.