FPTI Sulteng targetkan dua emas di PON 2024 Sumut-Aceh

id Fpti, panjat tebing, pon 2024

FPTI Sulteng  targetkan dua emas di PON 2024 Sumut-Aceh

Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) FPTI, Hendricus Mutter, menyerahkan pataka kepada pengurus Provinsi FPTI Sulteng periode Masa Bakti 2021-2025. ANTARA/Rangga Musabar

Kota Palu (ANTARA) - Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Tengah (Sulteng) menargetkan raih dua emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan berlangsung di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Target tersebut disampaikan oleh Ketua Umum FPTI Sulteng, Nanang di sela pelantikan
Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Tengah periode 2021-2025, di Palu, Sabtu.

Menurutnya, hal ini juga merupakan upaya mendukung keinginan Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura dalam bidang olahraga, yaitu menuju Sulteng Emas. Apalagi panjat tebing merupakan salah satu cabang olahraga prioritas.

"Kita target dua emas dari 10 emas target bapak Gubernur Sulteng. Walaupun sarana dan prasarana minim, kita akan genjot untuk meraih prestasi itu, " katanya menambahkan.

Tidak hanya itu, lanjut Nanang, saat ini FPTI Sulteng telah mendata atlet panjat tebing asal Sulteng berprestasi yang berada di luar daerah. Direncanakan atlet tersebut akan dipulangkan ke daerah Sulteng.

"Kami mendata sekitar lima atlet. Yang dipulangkan itu yang berpotensi mendapatkan emas dan memang sudah berprestasi. Datanya nanti kami serahkan ke KONI, urusan teknis kepindahan itu dari KONI," katanya menegaskan.

Pengurus Provinsi FPTI) Sulawesi Tengah periode 2021-2025 resmi dilantik oleh Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) FPTI, Hendricus Mutter di Grand Duta Hotel Palu.

"Kami berharap di Sulawesi tengah ini sesuai dengan cita-citanya bisa berhasil dan mengungguli daerah lain. Membuat prestasi di PON di Aceh maupun persiapan PON berikutnya menjadi tuan rumah," kata Hendricus Mutter.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Sulteng, Husen Alwi mengapresiasi pelantikan Pengurus Provinsi FPTI Sulteng yang sekaligus dirangkaikan dengan Rakerprov FPTI.

Menurutnya, cabang olahraga panjat tebing menjadi salah satu cabang prioritas dalam mencapai Sulteng Emas.

"Cabang FPTI prioritas Sulteng emas di Aceh.
Semoga pengurus baru dapat memaksimalkan baik aspek tata kelola, keuangan, prestasi dan seterusnya," katanya.