Jokowi bersama rombongan naik kapal pinisi menuju Pulau Rinca NTT

id Presiden Jokowi,Pulau Rinca,Taman Nasional Komodo,Kapal Pinisi

Jokowi bersama rombongan naik kapal pinisi menuju Pulau Rinca NTT

Presiden Jokowi berbincang dengan beberapa menteri dan kepala daerah di atas kapal pinisi menuju Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Kamis, (21/7/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bertolak menuju Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan menggunakan kapal pinisi, Kamis.

Agenda Jokowi di Pulau Rinca ialah meresmikan penataan kawasan Pulau Rinca, yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo.

Berdasarkan keterangan dari foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis, di kapal pinisi tersebut turut bergabung sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Di tengah pelayaran, Presiden berbincang dengan para menteri, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.


Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan terbatas menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam menumpang kapal pinisi menuju ke Pulau Rinca.

Perjalanan menggunakan kapal pinisi ditempuh usai Presiden Jokowi usai perluasan Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Dalam perjalanan tersebut Presiden Jokowi banyak berdiskusi dengan para menteri tentang pembangunan di kawasan Labuan Bajo dan wilayah sekitarnya.

Diskusi yang berlangsung terkadang diselingi tawa, seperti saat Sekretaris Kabinet Pramono Anung bercerita kenangannya berkunjung ke Labuan Bajo beberapa tahun lalu.

“Waktu saya ke Labuan Bajo tahun 2015 Pak, ada plang bertuliskan tanah ini milik Johnny G. Plate," ucap Pramono.

Presiden pun langsung bertanya, "Seberapa besar… papannya?" Sontak semua tertawa, karena Presiden tanpa diduga bertanya seberapa besar papan tulisan Johnny G Plate itu, bukan luas tanahnya.

Menteri Kominfo Johnny G Plate pun menjawab, "Sekarang sudah dipakai untuk jalan oleh Pak Basuki (Menteri PUPR).”

Selain berdiskusi dengan para menteri, Presiden juga sempat berfoto dengan Ibu Negara dalam perjalanan menumpang kapal pinisi yang diunggah dalam Instagram @jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Turut pula mendampingi Presiden dalam pelayaran tersebut yakni Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Usai mengunjungi Pulau Rinca, Jokwoi dijadwalkan menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo, untuk meresmikan penataan kawasan Marina-Labuan Bajo dan sistem pengelolaan sampah Warloka.

Selanjutnya, Presiden dan Ibu Negara menuju hotel tempatnya bermalam dan melanjutkan kunjungan kerja pada Jumat.