Mahasiswi UIN Palu raih emas kejurnas taekwondo

id Firdha Nurul Aswa,Taekwondo,Mahasiswi uin palu,UIN Palu,Prof Sagaf Pettalongi,Rektor UIN Palu

Mahasiswi UIN Palu raih emas kejurnas taekwondo

Mahasiswi UIN Datokarama Palu Firdha Nurul Aswa foto sambil memperlihatkan medali yang diraihnya. (ANTARA/HO-Dok Firdha Nurul Aswa)

Palu (ANTARA) - Mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Firdha Nurul Aswa berhasil meraih medali emas pada kejuaraan nasional taekwondo bertajuk "Sentral Selebes III Taekwondo Open Tournamen Indonesia 2022".

"Saya bangga bisa meraih medali emas, dan saya berharap pihak kampus juga bangga dengan prestasi ini,” ucap Firdha Nurul Aswa, dihubungi dari Palu, Senin.

Kejuaraan nasional taekwondo bertajuk "Sentral Selebes III Taekwondo Open Tournamen Indonesia 2022" dilaksanakan di Kota Palu pada 29 - 31 Juli 2022. 

Firdha pada kejuaraan tersebut mewakili Club Taekwondo Family Palu. Ia bertanding pada kategori poomsae pair dengan menampilkan dua jurus yaitu jurus teguek enam dan koryo. 

Ia bersaing dengan peserta atlet yang berasal dari Kabupaten Morowali, Donggala, Nunukan dan Luwu Timur pada kategori tersebut

"Saya hanya sekali tampil, saya menampilkan dua jurus pada penampilan di kategori itu," kata Firdha.

Penampilannya itu membawa ia meraih  7.830 poin sekaligus mengalahkan lawannya dari empat daerah tersebut. 

Firdha yang merupakan mahasiswi semester tujuh Program Studi Hukum Keluarga Islam, saat ini menjalani Kuliah Kerja Profesi (KKP) atau Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). 

Selain kegiatan akademik, Firdha juga mengikuti latihan taekwondo secara rutin, bahkan ia kini menyiapkan diri untuk bertanding pada Pekan Seni Olahraga Nasional (Pesona) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI di Bandung. 

"Saya akan mewakili UIN Palu pada kegiatan Pesona tahun 2022," ungkapnya.

 
Mahasiswi UIN Datokarama Palu Firdha Nurul Aswa menampilkan jurus teguek enam dan koryo pada kategori poomsae pair, kejuaraan nasional taekwondo, di Palu. (ANTARA/HO-Dok Firdha Nurul Aswa)

Firdha memiliki sejumlah pengalaman dan prestas, antara lain ia pernah meraih medali emas pada turnamen taekwondo se-Indonesia timur bertajuk “Indonesia timur terbuka nasional virtual taekwondo turnamen”.

Sementara itu Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh Firdha Nurul Aswa. 

"Prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi mahasiswi yang bersangkutan, sekaligus mengharumkan nama UIN Palu," kata Sagaf.

Rektor berharap prestasi yang telah diraih oleh Firdha, menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan potensi, bakat dan minat dalam cabang olahraga beladiri.

Prestasi yang telah diraih oleh Firda, kata Sagaf, dapat dicontohi oleh mahasiswi dan mahasiswa lainnya dalam mengembangkan bakat dan minat serta prestasi individual dan kelembagaan.

"Karena tidak hanya membawa nama pribadi, tetapi keluarga juga ikut, nama daerah juga, dan UIN Datokarama Palu," imbuhnya.