TNLL tutup pendakian gunung Lorekatimbu di kawasan danau Tambing

id TNLL,Danau Tambing

TNLL tutup pendakian gunung Lorekatimbu  di kawasan danau Tambing

Ilustrasi - Pegunjung berkemah di Rano Kalimpaa atau yang dikenal dengan Danau Tambing, di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) masih menutup aktivitas pendakian Gunung Lorekatimbu di kawasan obyek wisata Danau Tambing Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"Pendakian tetap dibolehkan untuk Gunung Nokilalaki dan boleh menginap, tetapi Gunung Lorekatimbu masih tutup," kata Kepala TNLL, Titik Wurdaningsi di Palu, Senin.
 
Dia menjelaskan hal tersebut menyangkut dengan faktor keselamatan jiwa para pendaki, sebab hingga kini belum ada petunjuk yang kongkret dari pihak Satgas Madago Raya, Polda Sulteng, tentang perburuan sisa kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).
 
Kawasan Pegunungan Lorekatimbu berada sekitar 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl) dan masuk dalam daerah operasi Madago Raya Polda setempat, sehingga memerlukan koordinasi cukup ketat jika ada yang melakukan pendakian.
 
Para pendaki untuk mencapai gunung itu perlu waktu 2-3 jam berjalan kaki menyusuri hutan tropis yang khas dengan pepohonan tinggi dan hutan lumut, dan semak yang merupakan endemik di kawasan TNLL.
 
"Kalau nanti sudah ada kepastian dari pihak aparat pasti akan kami buka dan boleh menginap, namun sampai saat ini yang boleh dipakai menginap itu masih Gunung Nokilalaki objek wisata Danau Tambing," jelasnya.
 
Adapun objek wisata Danau Tambing, para pengunjung dapat melakukan pengamatan burung, berkemah, mengamati berbagai pohon dan tumbuhan endemik seperti kayu leda, nantu, kantong semar serta berbagai jenis tanaman anggrek.
 
Danau Tambing memiliki luas mencapai 6 hektare dikelilingi hutan yang hijau menjadi habitat berbagai jenis burung, termasuk sekitar 30 persen merupakan endemik hanya ada di lokasi itu.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNLL tutup pendakian gunung Lorekatimbu di kawasan danau Tambing