Trafik data XL Axiata selama libur Lebaran di Sulawesi naik 6 persen

id Trafik, penggunaan data, internet, selama, libur lebaran, di Sulawesi, naik 6 persen

Trafik data XL Axiata selama libur Lebaran di Sulawesi naik 6 persen

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa saat kunjungan ke pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata untuk memastikan kesiapan kondisi jaringan XL Axiata malam Idul Fitri 2023 dan menjelang libur lebaran. ANTARA/HO/XL Axiata

Makassar (ANTARA) - PT XL Axiata mencatat trafik penggunaan data dan internet di Pulau Sulawesi mengalami peningkatan enam persen dan 37 persen secara nasional selama liburan Lebaran dibanding hari biasa.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto di Makassar, MInggu, mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Sulawesi ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan libur Lebaran.

"Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," ujarnya.



Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Sulawesi selama periode Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Muna sebesar 46 persen, Kabupaten Pinrang sebesar 28 persen, Kabupaten Jeneponto sebesar 23 persen, dan Kabupaten Luwu Utara sebesar 22 persen.

Wilayah tujuan wisata popular di Sulawesi Selatan seperti Mall Ratu Indah dan Panakukang Square mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini kenaikan sebesar 58 persen dan 44 persen di banding hari biasa.

Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian. Kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar 39 persen, dan Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan 11 persen.

Kemudian di lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Nusantara Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara sebesar 22 persen.

Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Mall Ratu Indah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebesar 58 persen, menyusul kemudian Panakukang Square, Kota Makassar, Sulawesi Selatan naik 44 persen.

Dodik menjelaskan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode libur lebaran, trafik layanan didominasi oleh akses file Whatsapp, Facebook, Instagram File Access yang mencapai 36 persen, pesan instan 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.

Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen dan Meta (Facebook) 4 persen.

Pada layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.