UIN Datokarama Palu bersiap selenggarakan pendidikan program studi umum

id UIN Palu,UIN Datokarama,Prof Sagaf Pettalongi,Prodi Umum,Pengembangan UIN Palu

UIN Datokarama Palu bersiap selenggarakan pendidikan program studi umum

Rektor UIN Palu Profesor Sagaf S Pettongi bersama jajarannya foto bersama dengan narasumber dan peserta pada lokakarya penyusunan kurikulum program studi umum, di Palu, Sabtu (29/7/2023). (ANTARA/HO-Dok Raodha)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) bersiap menyelenggarakan pendidikan program studi (Prodi) umum sebagai jawaban akan tantangan kemajuan dan kebutuhan masyarakat di provinsi setempat.

"Program studi umum diselenggarakan atas kebutuhan masyarakat Sulteng, seiring dengan tingginya tantangan dan dinamika perkembangan zaman," kata Rektor UIN Palu Prof. Sagaf S Pettalongi di Palu, Sabtu.



Tahun ini, katanya, tiga program studi umum yang diselenggarakan oleh UIN Palu, yakni Prodi Arsitektur, Informatika dan Prodi Sistem Informasi. Tiga program studi umum tersebut, telah mendapat izin penyelenggaraan dari Kemendikbudristek.

UIN Palu saat ini melakukan perumusan kurikulum tiga program studi umum tersebut, yang selanjutnya ditindaklanjuti dalam pelaksanaan belajar dan mengajar di kelas.

Penyelenggaraan program studi umum, kata Prof Sagaf, merupakan prioritas dan tercantum dalam rencana strategis pengembangan UIN Datokarama.

Guru Besar sekaligus Pakar Manajemen Pendidikan UIN Datokarama ini mengatakan bahwa dalam implementasi pembelajaran, UIN mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan ilmu agama, sehingga dalam pembelajaran mahasiswa tidak hanya belajar tentang ilmu umum, tetapi juga ilmu agama dari berbagai perspektif.

"Ini yang menjadi perbedaan antara mahasiswa yang belajar prodi umum di UIN dengan mahasiswa yang belajar prodi umum di perguruan tinggi lainnya," ungkapnya.



Saat ini UIN Datokarama Palu memiliki beberapa program studi umum, di antaranya Arsitektur, Sistem Informasi, Informatika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Perbankan.

Dengan demikian, UIN Datokarama dapat menerima mahasiswa non-Muslim untuk belajar atau menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

"Kampus UIN Datokarama Palu adalah kampusnya masyarakat Sulawesi Tengah, semua generasi muda di Sulteng dan dari daerah lain di Indonesia, berhak untuk kuliah di UIN Palu," ujarnya.