Ini lima kiat mulai gaya hidup sehat dengan olahraga

id Tokopedia, olahraga, yoga,tips olahraga

Ini lima kiat mulai gaya hidup sehat dengan olahraga

Banner sportacular Tokopedia (ANTARA/HO Tokopedia)

Jakarta (ANTARA) -
Hidup sehat menjadi hal yang kini lebih banyak diperhatikan orang pascapandemi, baik mulai dengan konsumsi makanan sehat hingga aktif berolahraga.

Memasuki bulan olahraga, Category Development Senior Lead Tokopedia Ditra Putra Komala mengatakan Tokopedia menggandeng sejumlah mitra strategi untuk membagikan lima tips memulai gaya hidup sehat yang mudah diikuti.

"Untuk membantu masyarakat meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat, khususnya di bulan olahraga nasional, Tokopedia bersama belasan juta penjual menghadirkan lebih dari 1,8 miliar produk termasuk produk olahraga, dan makanan atau minuman sehat,” jelas Ditra dalam keterangan yang diterima, Selasa.
1. Pilih jenis olahraga sesuai kebutuhan
Olahraga merupakan salah satu fondasi hidup sehat karena bisa meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan masyarakat adalah yoga.
Instruktur Yoga, Alyssa Chairiena menjelaskan yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh antara lain meningkatkan kualitas pernapasan, mendorong ketahanan tubuh, membantu fleksibilitas tubuh, melatih otot dan membuat tubuh menjadi lebih seimbang.
“Masyarakat yang baru memulai olahraga yoga, bisa memilih jenis yoga yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, jika ingin meningkatkan kualitas pernapasan, lakukanlah latihan pranayama atau jika ingin memperkuat tubuh dapat melakukan asana seperti vinyasa yoga atau yin yoga," ucap Alyssa.


2. Gunakan pakaian dan peralatan olahraga yang nyaman
Pakaian olahraga yang nyaman akan mendukung gerakan olahraga yang dinamis dengan baik. Selain itu, jadikan perlengkapan atau alat penunjang olahraga sebagai investasi. Seperti matras yoga yang tidak licin dan berbahan natural rubber, atau sepatu yang sesuai dengan olahraga yang biasa dilakukan.
Ditra mengatakan beberapa produk peralatan olahraga mengalami peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat pada Juli hingga Agustus 2023.
“Tokopedia mencatat produk yang berkaitan dengan olahraga voli, tenis, yoga dan pilates, badminton serta sepak bola dan futsal menjadi yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” tambah Ditra.
Salah satu brand lokal di Tokopedia, LAICA Active, memberikan pilihan pakaian olahraga yang terjangkau, nyaman dan stylish serta menerapkan teknologi UV protection dan quick dry.

"Seluruh produk LAICA Active, 100% persen dibuat di Indonesia karena kami ingin memajukan industri olahraga tanah air, khususnya di bidang pakaian dan peralatan olahraga. Hingga saat ini, kami telah memberdayakan sekitar 50 penjahit dalam proses produksi,” Co-founder LAICA Active, Jennifer Unjoto.
3. Ketahui waktu dan durasi berolahraga yang tepat
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal saat berolahraga, penting untuk kita tahu waktu dan durasi olahraga yang baik bagi kesehatan. World Health Organization (WHO) menganjurkan orang berusia 18-64 tahun untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu atau sekitar 30 menit hingga 1 jam per hari.
“Untuk olahraga seperti yoga, dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari sekitar 30-50 menit sebelum sarapan,” tambah Alyssa.
4. Rutin olahraga, imbangi dengan makanan bergizi seimbang
 
Ditra mengatakan untuk menunjang hidup sehat, masyarakat mengincar seperti makanan protein dan energy bar, yang menjadikan transaksi pada produk ini hampir 1,5 kali lipat selama satu bulan terakhir periode Juli-Agustus 2023.
“Menjaga pola makan adalah salah satu kunci hidup sehat. Selain rutin berolahraga, kita sebaiknya juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Di Tokopedia, makanan penunjang hidup sehat dalam hal ini protein dan energy bar mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat selama satu bulan terakhir,” jelas Ditra.
Strive Indonesia adalah brand lokal di Tokopedia yang menawarkan makanan penunjang gaya hidup sehat dan olahraga, seperti energy bar atau gel dan mie goreng berprotein tinggi.
“Dalam menghadirkan produk, Strive Indonesia menggandeng food scientist dan sport nutritionist untuk memastikan komposisi gizi dan nutrisi pada setiap produk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bahan baku yang kami gunakan juga hampir 100% berasal dari produsen dan supplier lokal,” jelas CEO dan Founder Strive Indonesia, Edo Bawono.


5. Kelola kesehatan mental dengan berolahraga
 
Melansir Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), berolahraga dapat merawat kesehatan emosi serta mencegah gangguan depresi.
Ditra mengatakan ketika berolahraga, tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif bagi tubuh dan dapat memperbaiki mood.
Alyssa juga menambahkan olahraga bermanfaat untuk kesehatan mental karena bisa membuat pikiran lebih tenang dan membantu mengurangi stres.
“Untuk mempermudah masyarakat mengakses produk olahraga, Tokopedia berkolaborasi dengan sederet pelaku usaha di bidang olahraga melalui kampanye Tokopedia Sportacular Shopathon yang berisi sederet produk olahraga dengan diskon hingga 70 persen. Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia NYAM! dimana masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman penunjang gaya hidup sehat dengan flash sale mulai dari Rp10.000,” kata Ditra.

“Tokopedia di sisi lain menghadirkan Proteksi Produk–termasuk untuk produk olahraga–yang bisa melindungi kerusakan fisik hingga kehilangan akibat perampokan selama 12 bulan sejak dibeli,” tutup Ditra.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Ditra Putra Komala mengatakan, dalam rangka merayakan bulan olahraga Tokopedia menggandeng sejumlah mitra strategi untuk membagikan lima tips memulai gaya hidup sehat yang mudah diikuti.
 
"Untuk membantu masyarakat meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat, khususnya di bulan olahraga nasional, Tokopedia bersama belasan juta penjual menghadirkan lebih dari 1,8 miliar produk termasuk produk olahraga, dan makanan atau minuman sehat,” jelas Ditra dalam keterangan yang diterima, Selasa.