Lulusan perguruan tinggi perlu berperan dalam kewirausahaan

id Wisuda UTA'45, lulusan perguruan tinggi dalam kewirausahaan, menteri teten masduki

Lulusan perguruan tinggi perlu berperan dalam kewirausahaan

Wisuda Universitas 17 Agustus 1945 angkatan 2023 Jakarta (UTA’45 Jakarta) di Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan generasi muda perlu berperan dalam kewirausahaan dan inovasi, khususnya sebagai lulusan perguruan tinggi.

Teten Masduki dalam keterangan tertulis disiarkan di Jakarta, Minggu, mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari pengembangan bangsa ke depan tahun 2025 dalam menghadapi bonus demografi.

“Semoga menjadi bagian dari pengembangan bangsa ke depan 2025 dalam menghadapi bonus demografi. Perlunya peran generasi muda dalam kewirausahaan dan kreativitas dan inovasi. Sebagai insan yang berpendidikan tinggi untuk menjadi wirausahawan tangguh dan berdaya saing,” ujar Teten Masduki.

Hal itu dikemukakan pada wisuda Universitas 17 Agustus 1945 angkatan 2023 Jakarta (UTA’45 Jakarta) di Jakarta pada 5 Oktober 2023 yang melepas 249 wisudawan  berbagai program studi di tingkat sarjana dan pascasarjana, dengan tema wisuda  "Melangkah bersama UTA’45 Jakarta membangun generasi inovatif, berdaya saing dan adaptif terhadap perkembangan teknologi."

Periode 2023 ini UTA’45 Jakarta melepas 114 lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kemudian Fakultas Hukum 35 lulusan, Fakultas Teknik 33 lulusan, Fakultas Farmasi 53 lulusan, Program Pascasarjana S2 13 lulusan dan doktoral sebanyak satu lulusan, dengan wisudawan terbaik dari mahasiswa Program Studi Manajemen bernama Isma Maisarah ber-IPK 3.98.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UTA’45 J Rajes Khana menyatakan mahasiswa UTA’45 Jakarta harus memiliki kompetensi dan berkompetisi dalam dunia kerja, karena memiliki kesetaraan intelektual.

"Menjadi mahasiswa dengan partisipasi dalam Tri Dharma pendidikan dan berkontribusi pada pengabdian masyarakat dan kegiatan sosial masyarakat. Memperluas jaringan, dan menjaga nama baik UTA’45 Jakarta dengan jiwa nasionalis dan dengan nilai Pancasila," ujar Rajes.