UIN Datokarama dan DPRD Sulteng berdayakan warga melalui pendidikan

id UIN Datokarama,UIN Palu,Lukman S Thahir,DPRD Sulteng,Nilam Sari Lawira,UIN Datokarama-DPRD Sulteng sinergi,sinergi berda

UIN Datokarama dan DPRD Sulteng berdayakan warga melalui pendidikan

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir berdiskusi dengan Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, di Palu, Selasa petang (7/11/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah bersinergi demi memberdayakan masyarakat di daerah itu melalui pendekatan pendidikan.

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir, di Kota Palu, Selasa, mengemukakan bahwa DPRD Sulteng menjadi satu mitra strategis untuk berkolaborasi dalam hal pengembangan sumber daya manusia dan keterampilan generasi muda Sulawesi Tengah.

"DPRD Sulteng secara kelembagaan memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan manusia," ujar Profesor Lukman S Thahir, di sela - sela pertemuan silaturahim antara UIN Datokarama dengan Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, di Kota Palu, Selasa petang (7/11).

Profesor Lukman S Thahir yang merupakan Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Sulteng mengemukakan bahwa pembangunan dan pengembangan SDM generasi muda Sulteng, harus dioptimalkan yang dalam implementasinya harus mengedepankan konsepsi pentahelix.

Melalui konsepsi itu, ujar dia, upaya membangun kecerdasan intelektual, keterampilan dan moral, generasi muda, tidak hanya bertumpu pada peran satu lembaga tertentu, dan tidak hanya dilakukan secara parsial.

Melainkan, dilakukan dengan kolaborasi yang di dalamnya termasuk dukungan DPRD Sulteng baik secara kelembagaan maupun personal.

"Kebijakan dan dukungan dari aspek DPRD Sulteng sangat dibutuhkan untuk percepatan pembangunan manusia," sebutnya.

Rektor mengemukakan bahwa, salah satu prioritas dalam upaya membangun kecerdasan intelektual, keterampilan dan moral generasi muda Sulteng, yaitu UIN Datokarama akan mengirim 20 mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan jenjang strata dua di Timur Tengah dan Eropa.

"Tugas saya adalah mencari jaringan dan membuka jalan, agar anak - anak kita dari Sulawesi Tengah dari keluarga kurang mampu bisa mengenyam pendidikan S2 di luar negeri," sebutnya.

Terkait hal itu, Ketua DPRD Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira mendukung penuh pemberdayaan generasi muda melalui pendidikan.

Nilam Sari menegaskan bahwa masalah pendidikan, kesehatan, pertanian, harus diberikan perhatian penuh, dalam rangka mendukung percepatan pengembangan Sulawesi Tengah ke depan.

"Hal - hal yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan pertanian, ini menjadi prioritas saya," ujarnya.

Nilam Sari akan mendorong dan memberikan dukungan maksimal kepada UIN Datokarama dalam upaya membangun kecerdasan intelektual generasi muda, keterampilan dan moral.
Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir berdiskusi dengan Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, di Palu, Selasa petang (7/11/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)