West Ham tutup fase grup dengan kemenangan 2-0 atas Freiburg

id liga europa,west ham united,freiburg,brighton and hove albion,marseille

West Ham tutup fase grup dengan kemenangan 2-0 atas Freiburg

Gelandang West Ham United Edson Alvarez (kiri) melepaskan tembakan pada pertandingan Grup A Liga Europa melawan Freiburg, yang dimainkan di Stadon London, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/AFP/Ben Stansall)

Jakarta (ANTARA) - West Ham United menutup perjalanannya di fase grup dengan kemenangan 2-0 atas Freiburg, pada pertandingan Grup A yang dimainkan di Stadion London, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa The Hammers memuncaki klasemen akhir Grup A dengan 15 poin dan lolos ke 16 besar, sedangkan pesaing langsung West Ham, Freiburg, harus menghuni posisi kedua dengan 12 poin dan mengikuti playoff, demikian catatan laman resmi UEFA.

 

Kedua gol kemenangan West Ham tercipta pada babak pertama. Penyerang asal Ghana Mohamed Kudus membuka keunggulan West Ham melalui golnya pada menit ke-14, sebelum Edson Alvarez menggandakan keunggulan tim London Timur itu dengan golnya pada menit ke-42.

Pada pertandingan lain di Grup A, Olympiacos mencatatkan kemenangan besar 5-2 atas tamunya yang berasal dari Serbia Backa Topola.

Gol pertama pada laga ini dibukukan oleh Ayoub El Kaabi pada menit ke-21, sebelum Daniel Podence menggandakan keunggulan Olympiacos pada menit ke-40. Pemain sayap asal Portugal Podence kemudian mengemas gol keduanya, sekaligus gol ketiga Olympiacos pada menit ke-42, dan gol bunuh diri Veljko Ilic pada menit ke-46 membuat tuan rumah memimpin 4-0 pada akhir babak pertama.

Backa memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-48 berkat gol Ifet Djakovac, untuk kemudian Aleksandr Cirkovic membukukan gol kedua Backa pada menit ke-60. Namun asa Backa untuk mampu mengejar sirna, setelah Youssef El Arabi mengemas gol penutup untuk Olympiacos pada menit ke-67.

Kemenangan besar tersebut tidak berpengaruh pada posisi Olympiacos di klasemen akhir. Klub Yunani itu tetap berada di posisi ketiga dengan tujuh poin, sedangkan kekalahan kelima di fase grup bagi Backa membuat mereka harus puas berada di posisi keempat dengan satu poin.

Berikut klasemen akhir Grup A Liga Europa

Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 West Ham United 6 5 0 1 10 4 15
2 Freiburg 6 4 0 2 17 7 14
3 Olympiacos 6 2 1 3 11 14 7
4 Backa Topola 6 0 1 5 6 19 1
 

Di Grup B, Brighton and Hove Albion lolos sebagai juara grup setelah pada pertandingan terakhir menang 1-0 atas tamunya Marseille.

Sebuah gol yang dikemas Joao Pedro pada menit ke-88 sudah cukup untuk mengantarkan Brighton ke puncak klasemen akhir, dengan koleksi 13 poin, sekaligus meloloskan mereka ke putaran 16 besar. Sedangkan tim Prancis Marseille harus menjalani fase playoff setelah hanya menduduki posisi kedua dengan 11 poin.

Ajax Amsterdam mengukir kemenangan perdananya di fase grup Liga Europa musim ini, saat mereka memukul tamunya AEK Athens dengan skor 3-1.

Keempat gol yang tercipta pada pertandingan ini didapat pada babak pertama. Chukba Akpom membuka keunggulan Ajax pada menit kelima, sebelum kemudian Levi Garcia menyamakan kedudukan untuk AEK melalui golnya pada menit ke-11.

Skor imbang tidak berusia panjang, sebab Kenneth Taylor membawa Ajax kembali memimpin lewat golnya pada menit ke-20. Pemain Inggris Akpom lantas mengemas gol keduanya pada menit ke-56 untuk memastikan kemenangan Ajax di laga terakhir fase grup.

Kemenangan itu tidak berpengaruh bagi kiprah Ajax di Liga Europa. Tim berjuluk de Godenzonen itu harus puas menduduki posisi ketiga di klasemen akhir grup dengan lima poin, hanya sedikit lebih baik dari AEK yang berada di posisi keempat dengan empat poin.

Berikut klasemen akhir Grup B Liga Europa

Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 Brighton 6 4 1 1 10 5 13
2 Marseille 6 3 2 1 14 10 11
3 Ajax Amsterdam 6 1 2 3 10 13 5
4 AEK Athens 6 1 1 4 6 12 4