KPU Parigi Moutong mulai lipat surat suara DPD RI dan DPRD kabupaten

id Surat suara,KPUparimo, logistik, pemilu, Sulteng, sortir logistik,Dirwan Korompot

KPU Parigi Moutong mulai lipat surat suara DPD RI dan DPRD kabupaten

Salah seorang petugas mengecek kondisi surat DPD RI sebelum dilipat, di gudang logistik KPU Kabupaten Parigi Moutong, di Parigi, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, mulai melipat kertas surat suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) dan DPRD kabupaten untuk Pemilu 2024.

"Total jumlah dua jenis surat suara tersebut sebanyak 667.658 lembar," kata Ketua KPU Parigi Moutong Dirwan Korompot usai meninjau proses penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang KPU, di Parigi, Rabu.

Ia menjelaskan jumlah surat suara DPD RI 333.829 lembar, begitu pun sama dengan jumlah surat suara DPRD Kabupaten Parimo, sudah termasuk cadangan atau tambahan dua persen.

"Sortir dan pelipatan surat suara dibagi dalam dua sesi dan dua tempat berbeda guna menghindari jangan sampai logistik surat suara tercecer," ujarnya.

Pelipatan surat suara DPD RI dijadwalkan mulai 3-5 Januari 2024 dilaksanakan di gudang KPU dan proses pelipatan suara suara DPRD kabupaten dijadwalkan pada 4-6 Januari bertempat di salah satu gedung sekolah di Parigi.

"Kami melibatkan 300 orang masyarakat menyortir dan melipat surat suara. Dari jumlah itu dibagi masing-masing 150 orang menangani surat suara DPD RI dan 150 orang lainnya menangani surat suara DPRD kabupaten," tutur Dirwan.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Parigi Moutong Syamsul Khan memaparkan saat ini masih dua jenis surat suara dilipat.

Oleh karena itu, kata dia, petugas sortir dan pelipatan wajib mematuhi aturan yang telah dituangkan ke dalam tata tertib supaya proses ini dapat berjalan sesuai target telah ditetapkan.

"Estimasi dalam sehari pelipatan surat suara minimal 72 ribu lembar untuk surat suara DPD RI, begitu pun surat suara DPRD kabupaten dengan estimasi waktu delapan jam sehari mulai pukul 08:00-17:00 Wita, istirahat dua jam," ucapnya.

Dia mengatakan KPU telah memastikan petugas yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut tidak ada yang berafiliasi dengan partai politik (parpol) atau peserta pemilu 2024.

Dia juga menyampaikan KPU setempat pada Desember 2023 telah merampungkan perakitan kota suara, sedangkan logistik surat suara cacat atau rusak segera dilakukan klaim kepada pihak penyedia jasa percetakan.

"Logistik surat suara disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Parigi Moutong yakni 326.675 jiwa. Kami memastikan dalam sisa waktu tahapan pemilu semua logistik tersedia tepat jumlah dan tepat kualitas," demikian Syamsul.