Sudin KPKP Jaktim targetkan sterilisasi 500 ekor kucing

id Sudin KPKP Jaktim, sterilisasi kucing, tekan populasi kucing, Jakarta Timur, Ali Nurdin

Sudin KPKP Jaktim targetkan sterilisasi 500 ekor kucing

Seorang petugas meletakkan kucing yang telah selesai dioperasi steril saat kegiatan sterilisasi kucing lokal gratis di Ruang Kaca Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Kegiatan tersebut sebagai upaya mengendalikan pertumbuhan populasi hewan domestik dan mengurasi resiko penelantaran juga kekerasan terhadap hewan peliharaan. ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/tom.

Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menargetkan melakukan sterilisasi 500 ekor kucing pada 2024 guna menekan tingkat populasi kucing.

 
Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, mengatakan pelaksanaan sterilisasi kucing ini akan dimulai pada Juni sampai Desember 2024, yang bersinergi dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Dinas KPKP DKI.
 
"Sesuai kesepakatan bersama, semua wilayah menargetkan sterilisasi 500 ekor kucing domestik. Jumlah ini masih sama dengan target 2023 lalu," tuturnya.
 
Pelaksanaan sterilisasi kucing itu akan dilakukan di setiap kecamatan dengan lokasi ditentukan PDHI dengan klinik swasta setempat. Pihaknya hanya menyiapkan peserta yang telah didaftarkan pemilik ke kantornya.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Theresia Ellita menjelaskan sterilisasi ini bertujuan mengendalikan angka populasi kucing mengingat perkembangbiakan kucing cukup pesat.
 
"Seluruh kucing yang diikutkan sterilisasi itu tentunya sudah memenuhi persyaratan. Yakni kondisi sehat, berusia minimal delapan bulan, tidak hamil dan menyusui," jelas Ellita.
 
Pada 2023, kata dia, Sudin KPKP Jaktim telah mensterilkan 100 kucing betina dan 400 kucing jantan. Hal itu dilakukan selama empat bulan, mulai dari Mei 2023 hingga Oktober 2023.
 
"Setiap bulan, 100 ekor kucing jantan dan 25 ekor kucing betina," kata dia.